Asfa : MoU Karang Taruna-KPU Perkuat Tatanan Demokrasi



KUNINGAN (KN),- Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Asep Fauzi, mengatakan, MoU ini untuk memperkuat tatanan berdemokrasi di Kabupaten Kuningan, perlu adanya sinergitas antara KPU dengan Forum Karang Taruna (FKT) Kabupaten Kuningan karena masing-masing mempunyai potensi yang berbeda.
 
“Membangun sinergitas tidak hanya dengan karang taruna tetapi bisa juga dengan komponen masyarakat strategis lainnya di Kabupaten Kuningan.” katanya usai penandatanganan MoU dan Diskusi Publik FKT-KPU di Kopi Lendot Mang Elon, Desa Sadamantra, Kecamatan Jalaksana, Selasa (3/8/2021).

Berita terkait : https://www.kamangkaranews.com/2021/08/elon-mou-karang-taruna-kpu-langkah.html
  
Khusus karang taruna, seperti yang disampaikan Ketua Forum Karang Taruna, sudah digagas design pemilihan pengurus karang taruna secara serentak di Kabupaten Kuningan.
 
“Saya kira itu sangat bagus, tinggal dimana sisi yang bisa kita kontribusikan dalam proses itu, sebab ada tata kelola yang harus diperkuat, manajemen pemilihan, bagaimana menyusun regulasinya dan yang terpenting mendorong outputnya,” ujarnya.
 
Sehingga, lanjut Asfa, panggilan akrabnya, praktek-praktek electoral di Kabupaten Kuningan menjadi suatu hal yang lumrah, bukan suatu yang asing, masyarakat terbiasa menghadapi kontestasi, kompetisi dan dilakukan secara sehat.
 
“Kontestasi itu tidak lantas menciptakan kesenjangan di masyatrakat ataupun konflik, justru kita ingin merubah frame bahwa demokrasi electoral sebagai tahapan yang menyenangkan bukan menegangkan,” katanya.
 
Untuk skala yang lebih besar bagaimana mengelola pemilu, pilkada yang menyenangkan, mengedukasi bahkan didorong sebagai wahana wisata politik.
 
“Kita juga akan coba melalui karang taruna memperkuat kelompok-kelompok society, memperlebar ruang diskusi dan membangun kohesifitas antara civil society, semuanya bisa bergerak dalam satu channel tidak ada kesenjangan dan miskomunikasi,” katanya.
 
Tujuannya untuk memperkuat Visi Kabupaten Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa 2023, akan selaras dengan Visi program KPU model Pendidikan Politik Berbasis Desa.
 
Pantauan kamangkaranews.com, diskusi dengan tagline Pendidikan Politik Kepada Masyarakat (PPKM) bertema “Membangun Kesadaran Politik Masyarakat Agar Menjadi Pemilih Yang Berdaulat” itu dilaksanakan secara luring dan daring.
 
Nara sumber mantan Ketua KPU Kabupaten Kuningan 2013-2018, Heni Susilawati dan moderator Komisioner KPU Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Dudung Abdu Salam.
 
Nampak hadir Ketua KPU, Asep Z. Fauzi, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Maman Sulaeman, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Asep Budi Hartono dan Divisi Hukum dan Pengawasan, Lestari Widyastuti serta para pengurus FKT Kabupaten Kuningan.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.