Wabup Ridho : Beternak Kelinci Menguntungkan





KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda mengatakan, bisnis ternak kelinci hias atau pedaging mempunyai peluang pasar yang terbuka dan bisa memberikan keuntungan.


“Banyak masyarakat belum menyadari kalau betenak kelinci itu bisa menguntungkan,” katanya ketika berkunjung ke Kelompok Peternak Muda (KPM) Farm Jaya Rabbitry di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Senin (25/1/2021).

 

Menurut Ridho yang didampingi Camat Cilimus, Tatang Taryono dan Kades Bojong, Nurul Komariyah, secara umum kelinci memiliki potensi biologis dan ekonomi yang tinggi untuk menghasilkan daging, kulit dan bulu.

 

Kelinci merupakan salah satu komoditi yang dapat diandalkan dalam menanggulangi kebutuhan daging sebagai sumber protein hewani, selain itu juga banyak diminati sebagai hewan ternak hias, seperti jenis Fujilove, Angora, Dutch dan Rex.

 

“Saya berharap, KPM Farm Jaya Rabbitry mampu mengembangkan peternakan kelinci hias sebagai sumber finansial dan dapat mengedukasi masyarakat bahwa ternak kelinci dapat memberikan keuntungan karena peluang pasarnya cukup besar,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua KPM Farm Jaya Rabbitry, Kurniawan, membenarkan, bisnis kelinci memiliki peluang pasar yang besar.

 

“Hal itu karena masih sedikit peternak kelinci di Kabupaten Kuningan, sehingga kebutuhan kelinci di pasaran masih kurang, terutama kelinci pedaging dan saat ini kami masih fokus pada peternakan kelinci hias dan tidak pernah sepi peminat,” ujarnya.

 

Insya Allah kedepan, lanjutnya, mudah-mudahan ada rezekinya ia juga akan mencoba menambah beternak kelinci daging.

 

Ia mengakui, mengembangkan peternakan kelinci membutuhkan modal dan lahan yang cukup besar.

 

“Mudah-mudahan dengan datangnya Pak Wabup kesini dapat membantu mengembangkan peternakan, sehingga adanya peningkatan ekonomi bagi kami dan masyarakat Desa Bojong,” harapnya.

 

Deha

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.