Atasi Pengangguran, Puluhan Warga Gunungkeling Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi



KUNINGAN,- Puluhan warga Desa Gunungkeling, Kecamatan Cigugur, mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan, di aula desa setempat, Jumat (11/12/2020).

 

Kadis Nakertrans, Ucu Suryana, menyebutkan, pelatihan telah dilaksanakan selama 26 hari dan diikuti 16 orang warga Desa Gunungkeling.

 

“Bidang pelatihan Cabinet Making,” katanya.

 

Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi peserta pelatihan sesuai dengan bidang kejuruannya dengan sasaran terciptanya lapangan kerja baru yang mandiri, profesional dan kompeten di bidangnya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Kuningan, HM . Ridho Suganda, menyampaikan apresiasi kepada Disnakertrans yang terus berupaya untuk mengurangi angka pengangguran melalui berbagai kegiatan terobosan percepatan pengurangan pengangguran.

 

“Salah satunya dengan kegiatan pelatihan kerja dan saya berharap akan tercipta kesempatan kerja dan lapangan kerja baru bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Kuningan,” katanya.

 

Ia menerangkan, tujuan pembangunan nasional, khususnya sektor ketenagakerjaan, dibutuhkan tersedianya tenaga terampil dengan mutu profesionalisme yang memadai, berdaya guna dan berhasil guna.

 

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam peningkatan mutu profesionalisme adalah dengan mendorong peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan kerja.

 

“Kepada para peserta pelatihan yang telah dinyatakan lulus, saya berharap dapat mengembangkan dan mengaplikasikan hasil pelatihan ini secara baik dan optimal,” katanya.

 

Dengan demikian, lanjut wabup, akan menambah rasa percaya ciri dalam bersaing memperoleh kesempatan kerja ataupun berwira usaha.

 

Acara penutupan kegiatan tersebut nampak dihadiri Camat Cigugur, Kabid IKP Diskominfo, Kepala UPTD BLK, Kades Gunungkeling dan para peserta pelatihan serta sejumlah undangan lainnya.

 

deha


Diberdayakan oleh Blogger.