Posbindu Menditeksi Dini Penyakit Tidak Menular



KUNINGAN,- Keberadaan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Desa Sukasari, Kecamatan Mandirancan yang dibentuk Puskesmas Mandirancan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat terutama Penyakit Tidak Menular (PTM).

 

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Kuningan, HM. Ridho Suganda, di aula desa setempat, Jumat (13/11/2020).

 

Menurutnya, kegiatan Posbindu merupakan pelayanan yang melibatkan peranserta masyarakat melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM).

 

”Saya sangat mendukung kegiatan Posbindu yang dilaksanakan Puskesmas Mandirancan yang datang langsung atau jemput bola untuk memeriksa kesehatan masyarakat, terutama dalam mendeteksi kesehatan sejak dini, sehingga jika terdapat keluhan dari masyarakat bisa segera diatasi," katanya.

 

Ia berharap, kegiatan Posbindu dapat dilaksanakan secara rutin setiap bulannya karena sangat bermanfaat dan bertujuan lebih kepada peningkatan kesejahteraan hidup bagi masyarakat yang sudah berumur, termasuk juga lansia dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM.

 

”Dengan adanya Posbindu, masyarakat yang memiliki penyakit tidak menular akan dapat terkontrol, sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik. Jika ada keluhan maka bisa langsung ditangani oleh tenaga medis dari Puskesmas. Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” katanya.

 

Ridho juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalankan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

“Dan adalagi satu ‘M’ yang harus kita lakukan, yaitu "Memohon kepada Allah SWT" agar wabah ini segera diangkat dari seluruh muka bumi ini,” katanya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan melakukan cek darah dan diikuti sejumlah perangkat desa maupun tamu undangan lainnya.

 

deha

Diberdayakan oleh Blogger.