Kapolres Kuningan, Ada Empat Strategi Penanganan Karhutla




KUNINGAN (KN) Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, mengatakan, ada empat strategi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kuningan.

Hal itu dikatakan dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Sat Binmas Polres Kuningan, didampingi Kapolsek Cilimus dan Kasat Binmas Polres Kuningan di Hotel Ayong Cilimus, Rabu (22/7/2020) mulai pukul 09.00 wib hingga selesai.

Empat strategi tersebut, pertama, pentingnya peningkatan penanganan karhutla, mulai dari pusat hingga daerah untuk melakukan pencegahan, early warning, penetapan siaga darurat lebih dini, menerapkan reward and punishment, peninjauan lapangan, serta mengajak masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayah mereka.

“Strategi kedua, melakukan teknik modifikasi cuaca untuk pengaturan ritme hujan. Mudah-mudahan kesiapan kita dalam modifikasi cuaca, kiranya bisa membuat kita melakukan pengaturan ritme hujan,” katanya.  

Selanjutnya, strategi ketiga, semua pihak harus meletakkan kewaspadaan tinggi dalam menghadapi kemarau. Maka berdasarkan evaluasi telah dapat diidentifikasikan arah langkah ke depan dalam kewaspadaan dan monitoring cuaca yang tidak menunggu sampai musim kemarau tiba.

Sedangkan strategi keempat, melakukan inovasi untuk mempercepat dan mempermudah upaya pencegahan karhutla. Misalnya cetak desa mandiri, pengendalian ruang wilayah oleh swasta dan masyarakat pada lahan hutan dan kebun serta pembukaan lahan tanpa bakar.

“Itu semua menjadi langkah penting dalam mencegah Karhutla di Kabupaten Kuningan,” kata Kapolres.



Kegiatan bertema Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Rangka Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kuningan, menghadirkan pemateri Heru Hermawan dari BPBD Kabupaten Kuningan dan San Andre Jatmiko. (TNGC Kabupaten Kuningan) dengan moderator IPTU Deden dan Aipda M. Khafid.

Adapun jumlah peserta sebanyak 25 orang dari 6 desa yang merupakan Masyarakat Desa Pinggiran Gunung yaitu Desa Cisantana, Desa Pajambon, Desa Sangkanerang, Desa Linggarjati, Desa Setianegara dan Desa Cibuntu.

deha
Sumber : Humas Polres Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.