Wabup Edo : Korupsi Musuh Negara




KUNINGAN (KN),- “Musuh kita bukan agama lain, bukan suku lain, bukan orang-orang di sekitar kita, tapi musuh sebenarnya dan paling mengancam adalah korupsi," kata Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda, saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) ke-I LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) Indonesia, di Aula Wisma Permata Kuningan, Kamis (27/2/2020).

Munas yang bertema "Dengan Pemantauan, Pengawasan Yang Tepat dan Cermat, Kita Ciptakan Negeri Ini Bersih Tanpa Korupsi" turut dihadir Kepala Kesbangpol Jawa Barat yang diwakili Kamarul Bahri, Perwakilan Dandim 0615/Kuningan, Polres dan Kejaksaan Negeri Kuningan.

Menurut Edo, panggilan akrabnya, LSM Penjara yang memilki tugas sebagai kontrol sosial dalam hal kinerja aparatur pemerintah, mampu berperan aktif dan bersinergi dengan pemerintah dan aparat penegak hukum dalam menegakkan negara bebas dari korupsi.

Pemerintah sebagai eksekutif, perlu pengawasan dan kontrol dalam hal kinerja termasuk pengelolaan anggaran yang merupakan uang rakyat. Karena dengan adanya pengawasan dan kontrol dari masyarakat, sambungnya, pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan bersih.

"Selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kuningan, saya mohon maaf apabila ada kerjasama dengan LSM Penjara yang belum berjalan dengan baik. Mudah-mudahan ke depan semakin bersinergi dan kerjasama bisa terjalin semakin erat," katanya.

Untuk membangun negara yang tegak dan bersih dari korupsi, perlu komitmen, itikad dan pemahaman yang sama dari seluruh pihak, mulai dari lembaga negara, aparat penegak hukum dan masyarakat.

Oleh karena itu, komitmen dan sinergi serius berbagai pihak sangat dibutuhkan, karena pemberantasan korupsi tidak hanya berupa penindakan oleh penegak hukum, tetapi juga pencegahan secara sistematis.

"Saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Kuningan, orang-orangnya ramah, tempatnya juga nyaman. Selamat melaksanakan munas, semoga membawa nilai kebaikan bagi kita semua," pungkasnya. 

deha


Diberdayakan oleh Blogger.