Warga Desa Surajaya Tolak Perpanjangan Izin Pertambangan

PEMALANG (KN),- Warga masyarakat Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, dengan tegas menolak perpanjangan izin perta...




PEMALANG (KN),- Warga masyarakat Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, dengan tegas menolak perpanjangan izin pertambangan galian C milik Teguh Eka Saputra yang berlokasi di Pedukuhan Slarang, Desa Surajaya.

Hal ini diungkapkan warga masyarakat, tokoh pemuda dan karang taruna dalam forum dialog sosialisasi perpanjangan izin pertambangan di balai desa setempat, Selasa (27/8/2019).

Rapat dialog tersebut dihadiri pemerintah desa, BPD, pengusaha galian dan Babinsa serta masyarakat, tokoh pemuda maupun karangtaruna.

Kepala Desa Surajaya, Wasno, mengatakan, hari ini tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dikumpulkan untuk berdialog dengan pemerintah desa dan pengembang galian guna kelanjutan  perpanjangan izin galian milik Teguh Eka Saputra.

Disebutkan, kontribusi dari pengembang ke desa senilai Rp10.000 per rit dikembalikan kepada masyarakat untuk pembangunan desa.

“Jadi jangan ada anggapan bahwa saya mendapatkan Rp50.000.000 kemudian masyarakat hanya dapat Rp10.000, selama ada pertambangan ini saya tidak pernah menerima apapun dari pengembang,” sebut dia.

Lebih lanjut dikatakan, forum ini sangat menentukan nasib dan dampaknya tujuh pedukuhan yang ada di desa ini.

“Tetapi saya kembalikan kepada masyarakat, jadi di dalam forum dialog ini saya menyerahkan kepada masyarakat untuk kelangsungan pertambangan ini, mau dilanjut atau tidak izinnya, saya serahkan kepada kalian," katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Pedukuhan Slarang, Widi, menyampaikan pendapatnya, dengan tegas menolak perpanjangan izin yang diajukan pihak pengembang.

"Secara umum kami kurang sependapat dengan rencana perpanjangan izin ini, bahkan jika kami diberi kewenangan maka akan kami tutup galian ini, dampak ekonomi yang kita dapat tidak sebanding dengan dampak lingkungan yang rusak akibat penambangan tersebut,” katanya.

Menurutnya, reklamasi yang dijanjikan pengembang juga tidak ada kenyataannya dan hanya diberi janji manis nanti ini nanti itu dan lain sebagainya.

"Kami selaku karang taruna selama ini juga memantau kegiatan penambangan tersebut, kami sangat mengkhawatirkan adanya penyedotan pasir yang dilakukan ini akan berdampak lebih buruk lagi untuk lingkungan,” imbuhnya

Hal yang sama diungkapkan tokoh masyarakat setempat yang tidak menyebutkan namanya, ia tidak menyetujui adanya perpanjangan izin penambangan karena sudah ada dua penambangan di tempat yang sama.

"Saya beserta warga masyarakat menolak perpanjangan izin penambangan tahun berikutnya karena saya beranggapan bahwa selama ini sudah ada dua pengembang di tempat yang sama jelas dampaknya sangat tidak baik untuk lingkungan jika ini diteruskan,” ungkapnya.

Pewarta : sR
Editor : deha

Nama

BERITA,1384,FEATURE,243,HEADLINE,1678,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,6,
ltr
item
kamangkaranews: Warga Desa Surajaya Tolak Perpanjangan Izin Pertambangan
Warga Desa Surajaya Tolak Perpanjangan Izin Pertambangan
https://1.bp.blogspot.com/-SHsTvK4zVYM/XWTELkOcARI/AAAAAAAACts/sG2p_eZy_7o0au6JHUtpKFkL9tbPN_LgQCLcBGAs/s640/Warga%2Btolak%2Bfoto%2Batas.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SHsTvK4zVYM/XWTELkOcARI/AAAAAAAACts/sG2p_eZy_7o0au6JHUtpKFkL9tbPN_LgQCLcBGAs/s72-c/Warga%2Btolak%2Bfoto%2Batas.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2019/08/warga-desa-surajaya-tolak-perpanjangan.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2019/08/warga-desa-surajaya-tolak-perpanjangan.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content