Menjual Jangkrik Genggong Bisa Menambah Penghasilan



PEKALONGAN (KN),- Selain sebagai seorang pekerja serabutan, Slamet, warga Kelurahan Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, mencari tambahan penghasilan dengan berjualan Jangkrik Genggong.

Kepada media ini, Minggu (25/8/2019) ia menuturkan, warna Jangkrik Genggong berbeda dari jenis lainnya. Biasanya untuk makanan master kicauan burung dan bisa mengusir tikus sehingga banyak diminati masyarakat.

“Harga jangkrik ini mulai dari lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah per ekor. Saya menjual Jangkrik Genggong kepada para pelanggan yang akan dijual kembali,” sebut Slamet.

Menurutnya, dulu di Pekalongan banyak dan mudah untuk mencarinya, namun sekarang sulit, bahkan sudah tidak ada.

“Sekarang harus mencari sampai di persawahan ke daerah Weleri,” katanya.

Karena jarak tempuh dari rumah ke tempat pencarian jangkrik cukup jauh, sehingga perlu waktu yang lama, dari jam 16.00 - 04.00 pagi baru pulang.

Satu malam hanya mendapat 30-60 ekor, sedangkan ke lokasi pencarian jangkrik menggunakan transportasi kendaraan dan menurut perhitungannya ia merasa rugi.

“Meskipun demikian, saya merasa bersyukur karena dari hasil penjualan Jangkrik Genggong bisa membantu membiayai hidup,” kata Slamet.

Untuk memudahkan komunikasi dengan pembeli, ia memberikan no kontaknya 08522328325 agar mudah jika akan memesan jangkrik.  

Pewarta :Ojan
Editor : deha


Diberdayakan oleh Blogger.