Luar Biasa, SSK Semakin Kompak dan Eksis



KUNINGAN (KN),- Luar biasa semakin kompak dan eksis, itulah kalimat yang layak diberikan kepada komunitas Sadulur Salembur Kuningan (SSK) yang merupakan grup masyarakat Kuningan di media sosial facebook.         

Hal itu terlihat ketika menyelenggarakan kegiatan memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Kuningan di halaman depan rumah Ketua Umum, A. Sukma, Blok Wage RT. 10 RW. 05 Desa Kertaungaran, Kecamatan Sindangagung, Senin (19/8/2019).

Berbagai lomba dilaksanakan, bukan hanya diperuntukkan bagi pengurus maupun anggota SSK saja, juga dengan masyarakat sekitarnya. Sehingga terjalin keakraban pengurus dan anggota SSK bersama masyarakat.  

“Tujuannya untuk meningkatkan persatuan, agar semakin kompak, bertepatan dengan peringatan HUT ke-74 RI dan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Kuningan, Alhamdulillah SSK bisa memeriahkannya,” kata Ketua Umum, A. Sukma, yang biasa dipanggil kapten.

Acara tersebut menggelar berbagai lomba, seperti panjang pinang, tarik tambang, lomba makan kerupuk, lomba tepung serta lainnya, juga dihibur Sela Nada.

Menurutnya, setiap tahun SSK konsisten mengadakan kegiatan memperingati HUT RI dan Hari Jadi Kuningan dan diharapkan menjadi motivasi kepada paguyuban lainnya.

“Intinya menjalin silaturahmi dan kebersamaan dengan motto Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh,” katanya.

Disebutkan, hingga saat ini, jumlah anggota ditambah pengurus SSK mencapai 55.011 orang sesuai yang terdata dalam Grup SSK di facebook dan tersebar di berbagai kota di Indonesia. 

SSK sudah mengembangkan jaringan organisasi membentuk Koordinator Cabang (Korcab) di Bogor, Bandung, Tanggerang, Jakarta, Bekasi, Depok, bahkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Di Kuningan, kami sudah membentuk Koordinaror Wilayah (Korwil) ada Kuningan Timur (Kunti), Kuningan Barat (Kunbar), Kuningan Utara (Kunut) dan Kuningan Selatan (Kunsel),” katanya.       

Ia menerangkan, SSK mulai didirikan tahun 2009 oleh H. Jeje Jumana (Jeje Baret) dan sejak tahun 2017 ketika dirinya dipercaya sebagai ketua umum, SSK semakin eksis.

Kegiatan yang dilakuikan bukan hanya di internal komunitas SSK tapi sering melaksanakan bakti sosial membantu masyarakat yang terdampak bencana alam.

“Kemarin ketika ada bencana alam, kami juga datang ke lokasi membantu masyarakat yang terdampak bencana,” katanya.

Kepada masyarakat yang belum tergabung dalam komunitas SSK, ia mengajak, siapapun yang mau bergabung dipersilahkan karena SSK bersifat sosial.             

“Alhamdulillah SSK sudah berbadan hukum dan punya akte pendirian yang dibuat notaris serta sudah terdaftar di Kantor Kesbangpol Kuningan, artinya SSK merupakan komunitas resmi,” katanya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.