Ika : Gebyar KEMILAU Tingkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak




KUNINGAN (KN),- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Ika Siti Rahmatika, mengatakan, Senin (12/8/2019) pelaksanaan Gebyar KEMILAU diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak serta gizi.

“Sehingga salah satu tujuan Pembangunan Kesehatan Nasional yaitu penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Neonatal (AKN) dan Pencegahan Stunting dapat tercapai,” katanya.  

Dijelaskan, Kematian Neonatal adalah kematian yang terjadi sebelum bayi berumur satu bulan atau 28 hari.
  
Menurutnya, gebyar KEMILAU merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilannya.

“Mulai dari perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, pencegahan stunting, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pencegahan penyakit menular seksual melalui deteksi pemeriksaan IVA Test,” jelas Ika.

Dengan adanya Gebyar KEMILAU, diharapkan dapat menyiapkan Duta Kelas Ibu Hamil, Duta Stunting. Duta PHBS dan Duta IVA TEST yang dapat menjadi motivator dalam pelaksanaan kelas ibu hamil di masyarakat.

Sehingga pelaksanaan kelas ibu hamil dapat berjalan secara optimal, terjadi interaksi serta berbagi pengalaman antar peserta ibu hamil dengan yang lainnya.

“Adanya pemahaman perubahan sikap dan perilaku ibu hamil, persiapan persalinan yang aman, nyaman, ibu selamat, bayi sehat dan stunting ditangani atau di-intervensi segera,” pungkas Ika.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.