Tahap Awal Pembangunan RSUD Kesesi Rp 9 M





KAJEN (KN),- Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, menyebutkan, RSUD Kesesi dibangun tahap awal dengan anggaran sebesar Rp 9 miliar dan peralatan kesehatan (alkes) Rp 25 miliar.   

“Untuk sumberdaya manusianya di Dinas Kesehatan sudah siap, tinggal skema pendanaannya akan diatur sesuai dengan skala prioritas,” katanya ketika peletakkan batu pertama (ground breaking), Kamis (18//2019).

Ia berharap pembangunannya akan tepat waktu, sehingga dengan waktu yang tidak terlalu lama RSUD Kesesi ini akan beroperasional, sehingga masyarakat bisa menikmati pelayanan RSUD type C.

“Secara kumulatif jumlah rumah sakit type C sesuai dengan feasibility study (studi kelayakan) yang sudah kita lakukan ini memang kurang di Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Oleh karena itu, Pemkab Pakalongan mendorong dengan berbasis pemerataan aspek geografi. Rakyat nanti bisa terlayani semua dengan mudah, sehingga derajat kesehatan Kabupaten Pekalongan semakin naik.

“Kita masih punya PR bagaimana menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan balita. Kemudian angka stunting yang memang masih di angka 28. Ini semakin lama akan semakin turun dengan penyediaan infrastruktur kesehatan yang memadai,” katanya.

Itulah latar belakang pembangunan RSUD Kesesi, tanpa menafikan fungsi dari Puskesmas dan justru akan ditingkatkan. Nantinya Puskesmas Kesesi I akan direlokasi secara bertahap, kira-kira dua kilometer dari RSUD Kesesi.

(SLAM. 5U)



Diberdayakan oleh Blogger.