MK Keluarkan Putusan Dismissal Untuk PHPU Pileg Kabupaten Kuningan

KUNINGAN (KN),- Sejumlah permohonan perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU) pemilihan legislatif 2019 dinyatakan tidak bisa diter...





KUNINGAN (KN),- Sejumlah permohonan perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU) pemilihan legislatif 2019 dinyatakan tidak bisa diterima oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu setelah MK mengeluarkan Putusan Dismissal pada Senin 22 Juli 2019 untuk sebagian lokus perkara yang teregistrasi, termasuk di Kabupaten Kuningan.

“Menurut informasi yang diterima, putusan ini dikenakan terhadap permohonan yang dinilai tidak memenuhi syarat formal dalam pengajuan gugatan ke MK,” kata Ketua KPU Kuningan, Asep. Fauzi, Senin (22/7/2019).

Dijelaskan, syarat formal yang dimaksud terkait tiga hal, yakni terkait wewenang MK untuk mengadili perkara, batas pengajuan perkara dan legal standing atau kedudukan hukum dari pemohon.

Jika salah satu syarat formal tersebut tidak terpenuhi biasanya itulah yang dinyatakan tidak diterima oleh MK.

Secara norma Putusan Dismissal terhadap sebanyak 58 perkara ini, termasuk di dalamnya Kabupaten Kuningan, sudah bisa jadi sumber hukum bagi kegiatan penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih.

“Sebab kekuatan hukumnya setara dengan Putusan Akhir yang akan dibacakan oleh MK antara tanggal 6 sampai 9 Agustus 2019,” katanya.

Adanya putusan dismissal ini berarti perkara yang digelar di MK tidak dilanjutkan dan tidak harus menunggu Putusan Akhir.

Sisanya MK memutuskan untuk menindaklanjuti 122 perkara di seluruh Indonesia. Ke-122 perkara ini akan diperiksa lebih lanjut dalam sidang pemeriksaan saksi, ahli dan pembuktian.

“Untuk Kabupaten Kuningan, Putusan Dismissal berlaku bagi dua perkara PHPU DPRD Kabupaten yang diajukan caleg dari partai Gerindra dan caleg Partai Demokrat yang semuanya adalah caleg DPRD Kabupaten di Dapil Kuningan 1,” katanya.

Terhadap gugatan tersebut, sebagai pihak termohon KPU Kabupaten Kuningan sudah menyerahkan berbagai alat bukti untuk menjawab poin-poin yang disengketakan oleh pemohon sejak bulan Juni lalu.

Alat bukti dari KPU Kuningan yang sudah diserahkan ke MK antara lain, sertifikat model C1, DAA1, DA1, sampai DB1.

Tak hanya itu, dilengkapi juga berbagai surat dan dokumen penting lainnya yang relevan dengan posita dan petitum yang disampaikan pemohon. Selain dari KPU, alat bukti juga disampaikan oleh Bawaslu Kuningan sebagai pihak terkait.

Dengan keluarnya putusan dismissal dari MK, berarti KPU Kabupaten Kuningan dapat melanjutkan kegiatan ke tahap berikutnya yaitu penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

Namun kepastian waktunya harus menunggu surat resmi dari KPU RI sebagai tindak lanjut atas putusan dismissal yang dikeluarkan oleh MK.

“Mohon bersabar, Insya Allah rapat pleno penetapan perolehan kursi dan 50 orang calon terpilih akan digelar dalam waktu dekat. Demi kepastian hukum, dalam hal ini tentu KPU tidak boleh tergesa-gesa dan serampangan,” katanya..

deha--


Nama

BERITA,1369,FEATURE,241,HEADLINE,1661,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,6,
ltr
item
kamangkaranews: MK Keluarkan Putusan Dismissal Untuk PHPU Pileg Kabupaten Kuningan
MK Keluarkan Putusan Dismissal Untuk PHPU Pileg Kabupaten Kuningan
https://1.bp.blogspot.com/-JxUegycZBVc/XTXjZQw1C-I/AAAAAAAACS0/sh1JVUSrhIUwXlOStxBP7NmoXSLheInVQCLcBGAs/s1600/42252273298-mk.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JxUegycZBVc/XTXjZQw1C-I/AAAAAAAACS0/sh1JVUSrhIUwXlOStxBP7NmoXSLheInVQCLcBGAs/s72-c/42252273298-mk.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2019/07/mk-keluarkan-putusan-dismissal-untuk.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2019/07/mk-keluarkan-putusan-dismissal-untuk.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content