Antusias Pemilih Pemula di Pemilu 2019 Cukup Tinggi





KUNINGAN (KN),- Antusias pelajar menjelang Pemilu 2019 masih cukup tinggi. Hal itu dilihat jumlah kehadiran mereka mengikuti program pendidikan politik oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Kuningan hingga kegiatan yang terakhir (keempat) rata-rata 85-95 persen.  

Kabid Politik Dalam Negeri (Poldagri), Maman Nurachman, mewakili Kepala Badan Kesbangpol, menyebutkan, setiap kegiatannya mengundang 100 pelajar SLTA dari berbagai sekolah dan yang hadir antara 85-95 orang.

“Hari ini merupakan kegiatan terakhir setelah sebelumnya di SMAN Jalaksana, Gedung PGRI dan SMAN Luragung,” katanya di Gedung Korpri, Sabtu (6/4/2019).

Jadwal program pendidikan politik, imbuhnya, sempat diundurkan waktunya karena kemarin para siswa sedang Ujian Nasional.

Ia berharap dengan adanya pendidikan politik kepada pemilih pemula atau kaum milenial dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih yang semula 71,77 persen pada Pilkada 2018.     



Selain itu juga, dapat memberikan wawasan pengetahuan tata cara mencoblos yang baik dan benar, sehingga hak suara mereka dipergunakan sesuai ketentuan yang ada dan menghindari ajakan praktek politik uang.

“Politik uang dan sara sesungguhnya menyesatkan karena para pemilih tidak akan bertanggungjawab terhadap pilihannya, maka pilihlah sesuai hati nurani,” katanya.

Jika dari sekarang para pemilih pemula tidak diberikan pendidikan politik dan pemahaman pentingnya menyukseskan pemilu, dikhawatirkan ke depannya akan apatis.   

Apalagi anggaran Pemilu 2019 yang dikeluarkan pemerintah sangat besar, apabila angka partisipasinya rendah maka akan mubazir atau tidak berguna.

Ia berharap, para siswa yang hadir nantinya bisa mensosialisasikan kepada teman-teman sekolahnya, keluarganya dan lingkungannya, baik tempat tinggalnya atau sosmednya untuk mengshare pengetahuan pendidikan politik yang diterima.

Menyikapi respon para siswa dalam mendengarkan materi yang disampaikan narasumber, ia sangat bangga karena para siswa dapat memahami bahkan mampu menjawab pertanyaan tentang kepemiluan dari pemateri atau moderator.

Pendidikan politik di Gedung Korpri dihadiri Sekda Kuningan, Dian Rachmar Yanuar sekaligus membuka acara tersebut dan Kepala Badan Kesbangpol Kuningan, Dadi Hariadi serta Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, Lestari Widyastuti.

Narasumber Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Dudung Abdu Salam, Ketua Bawaslu Kuningan, Ondin Sutarman dan Polres Kuningan.  

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.