Sekda Kuningan : Kaum Milenial Jadi Pionir Pemilih Rasional




KUNINGAN (KN),- Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, mengatakan, Selasa (19/3/2019), pemilih pemula yang merupakan kaum milenial sasaran empuk para politisi, mereka mudah dipengaruhi isu-isu yang berkembang.

“Pemilih cerdas dan rasional dapat menghasilkan pemimpin berkualitas untuk kemajuan bangsa,” katanya ketika Sosialisasi Pemilu 2019 Untuk Pemula di Gedung PGRI yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kuningan.

Menurutnya, pemahaman tentang demokrasi diharapkan para pemilih pemula sadar akan pentingnya peran pemilih dalam menentukan nasib bangsa pada masa mendatang.

"Kita punya harapan besar kepada pemilih pemula yang mengedepankan idealisme. Bisa menjadi pionir pemilih rasional dan menularkan prinsip tersebut kepada masyarakat," katanya.

Ia mengajak pemilih pemula yang sehari-hari berkutat dengan teknologi dan gadget untuk dapat menyaring kembali berita-berita atau isu-isu yang berkembang. Jangan menelan mentah-mentah isu dan berita itu sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Kaum milenial harus cerdas dalam menerima isu dan berita yang berkembang, cek dulu kebenarannya, bandingkan dengan media-media yang kredibel dan lihat asal-usul berita tersebut.

“Kita jangan langsung sharing karena banyak sekali isu-isu dan berita yang belum tentu kebenarannya sehingga menimbulkan hoax di masyarakat,” katanya.

Generasi muda sangat berperan dalam pesta demokrasi, salah satunya mendorong gerakan anti Golput atau kampanye hastag yang positif demi pemilu yang damai dan berkualitas. Menciptakan suasana yang damai dan aman menuju demokrasi dewasa yang anti hoax.  

Nara sumber lainnya, Kepala Badan Kesbangpol Kuningan, Dadi Hariadi, Ketua KPU Kuningan Asep. Z. Fauzi dan Kasat Intel AKP Iwan Rasiwan. (*)


Diberdayakan oleh Blogger.