Polres Pemalang Simulasi Pengamanan Pemilu 2019





PEMALANG (KN),- Aparat gabungan dari Polres Pemalang,  Kodim 0771/Pemalang, Satpol PP Pemalang berhasil menghalau para demonstran yang mengepung kantor Bupati Pemalang.  

Mereka tidak puas terhadap hasil pemilu 19 April 2019 dan melakukan demo di depan kantor Bupati Pemalang namun dihadang Pasukan Dalmas Polres Pemalang.

Sempat dilakukan negosiasi dengan anggota DPRD Pemalang tapi gagal,  anggota dewan pun diajak aksi menolak maka terjadilah chaos.

Kemudian terjadi aksi saling dorong antara pengunjuk rasa dan anggota pasukan keamanan yang memaksa pasukan menembakan gas air mata dan water canon sehingga pendemo kocar kacir membubarkan diri. 



Gambaran tersebut adalah latihan Sispamkota dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2019 (Pilpres dan Pileg) yang diselenggarakan Polres Pemalang dan diikuti sekitar 700 orang dilaksanakan di depan Pendopo Kabupaten Pemalang,  Jawa Tengah, Rabu (20/03/2019). 

Dalam latihan tersebut dikerahkan,  5 SST Personil Polres Pemalang,  1 SST Pers. Kodim 0711/PML, 2 SST Satpol PP Kabupaten Pemalang, 1 SST Linmas dan masyarakat.

Sebelum acara dimulai, Wakapolres Pemalang, Kompol Malpa Malcoppo SH. Sik, menekankan agar latihan hari ini untuk dilaksanakan dengan semangat dan antusias serta saling bersinergi karena untuk mengantisipasi demo anarkis, ada obyek-obyek vital yang harus diamankan.

“Sehingga ada beberapa adegan dalam latihan nanti yang kita perankan oleh karena itu dalam pelaksanaan nanti supaya dipahami dan dihayati bagaimana mekanisme latihan, kendalikan emosi dan pemikiran yang aneh-aneh karena pelaksanaan latihan tidak terlalu lama,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Pemalang Drs Budi Raharjo SH MM, Kapolres Pemalang AKBP Kristanto Yoga Dharmawan S.I.K. MSi, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi SS.MM.M.TR.HAN, Ketua Pengadilan Negeri Pemalang Kadarwoko SH.M.Hum dan Kepala Kejaksaan Negeri Pemalang Ferizal SH, MM, Wakapolres Pemalang Kompol Malpa Malacoppo SH.Sik.

Begitu pula Ketua KPU Kabupaten Pemalang Mustaghfirin S.Pd, Bawaslu Kabupaten Pemalang Hery Setyawan,  SH, Kasatpol PP Pemalang Wahyu. S, Fatah, Kadishub Pemalang, para Perwira Staf dan para Kapolsek jajaran Polres Pemalang, para Danramil Jajaran Kodim 0711/ Pemalang, para Camat se-Kabupaten Pemalang, tamu undangan perwakilan parpol dan para wartawan media.

SR--


Diberdayakan oleh Blogger.