KPU Kuningan Sosdiklih IGTK Luragung





KUNINGAN (KN),- Bukan hanya di kampus tetapi para pendidik dan tenaga kependidikan di Taman Kanak-kanak dibidik KPU Kabupaten Kuningan untuk melaksanakan Program Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih).

Seperti halnya ketika mengunjungi Ikatan Guru TK Cabang Luragung yang dihadiri Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas, Dudung Abdu Salam, Kasubbag Teknis dan Hupmas Jajang Jamaludin dan para Kepala Sekolah TK, Jumat (15/3/2019)

“Karena dilaksanakan bersamaan, maka ada lima surat suara yang harus anda coblos pada pemilihan Rabu, 17 April 2019 mendatang. Pertama, surat suara warna abu-abu untuk pemilihan presiden,” kata  Dudung.

Selanjutnya, surat suara warna kuning Pileg DPR RI. Ketiga, warna biru anggota DPRD provinsi. Keempat, warna hijau anggota DPRD kabupaten/kota. Kelima, warna merah untuk anggota DPD RI.

“Ketentuan untuk mencoblos kelima surat suara telah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” katanya.

Pada surat suara pilpres, harus mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon atau tanda gambar partai politik pengusung dalam satu kotak di surat suara.

Kemudian, surat suara Pileg DPR RI mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik atau nama calon anggota DPR RI. Begitu pula untuk DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Terakhir, surat suara DPD RI mencoblos satu kali pada nomor, nama atau foto calon anggota DPD. Surat suara caleg DPD RI disertai foto calon, tidak seperti caleg DPR/DPRD yang hanya daftar nama.

“Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 PKPU 10 Tahun 2018 bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program pemilu,” katanya.

Selain itu pula, untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilu serta meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

“Dengan menemui para Kepala Sekolah TK, kami berharap pasca acara ini dapat menyampaikan informasi kepemiluan di lingkungan tempat tinggal atau pekerjaannya,” harap Dudung.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.