Masyarakat Antusias Terhadap PTSL





KUNINGAN (KN),- Lurah Cigadung, Kecamatan Cigugur, Dadi Setiadi, mengatakan, adanya PTSL masyarakat sangat antusias dan apresiasif kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Pemkab Kuningan, Pemerintah Kecamatan Cigugur dan Pemerintah Kelurahan Cigadung.

Hal itu disampaikan sebelum pelaksanaan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 di Aula GSG Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cigugur, Sabtu (23/2/2019).

“Dengan adanya program ini masyarakat bisa terbantu karena masyarakat punya tanah sudah memiliki hak secara administrasi. Jelas dasar hukumnya dan bisa dimanfaatkan, terutama para usaha UKM untuk pinjam modal ke bank,” katanya.

Disebutkan, pemohon rata-rata satu sampai tiga bidang tanah dari 1600 sertifikat yang akan dibagikan. Dengan adanya penyerahan sertifikat itu, bidang tanah tersebut tidak lagi berupa SPPT dan akte.

“Hari ini akan diserahkan 750 sertifikat dan sisanya Insya Allah besok,” katanya.

Menurutnya, proses PTSL selama setahun dua bulan ini tidak ada kendala. Karena sebelumnya dirapatkan dulu dengan masyarakat dan LPM, tokoh masyarakat serta tokoh agama.

“Hingga hari ini masyarakat tidak ada yang dirugikan dan merasa dibantu. Jikapun ada permasalahan akan dibicarakan bersama BPN termasuk 750 sertifikat yang rencananya akan dibagikan besok,” pungkasnya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.