Reses Jangan Dipakai Kampanye

KUNINGAN (KN),- Menjelang Pemilu Legislatif 2019 berbagai cara dilakukan para caleg berkampanye. Termasuk caleg yang sedang menjabat...




KUNINGAN (KN),- Menjelang Pemilu Legislatif 2019 berbagai cara dilakukan para caleg berkampanye. Termasuk caleg yang sedang menjabat ikut mencalonkan kembali. Ada yang menggunakan fasilitas program Pokir (bantuan pembangunan infrastruktur hasil aspirasi reses sebelumnya). Ada juga yang melalui program Reses Masa Sidang III Tahun 2018.

Hal itu banyak dikeluhkan oleh para caleg baru atau yang bukan sedang menjabat sekarang. Karena para caleg yang masih menjabat lebih leluasa berkampanye, dibalik program kerja yang harus segera dilaksanakan.

“Memang tidak dijelaskan secara spesifik soal Reses. Tapi dalam aturan sudah disebutkan, kampanye dilarang menggunakan program pemerintah. Nah Reses ini program pemerintah," kata Abdul Jalil Hermawan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan, Rabu (9/1/2019).

Menurutnya, program reses para anggota legislatif tidak diperbolehkan dipergunakan untuk kampanye. Hal ini diatur dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 dan Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 Perihal Kampanye.

Untuk mengimplementasikan aturan tersebut, Bawaslu RI sudah mengeluarkan surat edaran Nomor : S-2081/K.BAWASLU/PM.00.00/XII/2018, tertanggal 14 Desember 2018, perihal Pelaksanaan Pengawasan Kampanye Dalam Masa Reses Anggota DPR/DPD/DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, ditujukan kepada Bawaslu Provinsi dan Pengawas Pemilu Luar Negeri.

"Akan keliru jika saat Reses dipergunakan sebagai ajang kampanye. Program Reses yang biasanya memberikan atau menjanjikan sesuatu ke masyarakat jangan diklaim dari anggota dewan. Itu dari pemerintah," tandas Jalil.

Bawaslu tidak akan mempermasalahkan jika dalam Reses para anggota dewan hanya mengenalkan diri sebagai anggota komisi atau anggota fraksi.

"Bahkan alat peragapun tidak diperkenankan terpasang saat Reses. Begitu pula foto caleg dan nomor urutnya. Kalau hanya logo partai boleh," katanya.

Jalil juga menyinggung masih adanya caleg yang belum faham soal bahan kampanye yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Jika merujuk ke PKPU 23 dan Perbawaslu 28 2018, bahan kampanye yang diperbolehkan terdiri dari kaos, penutup kepala, gelas payung.

"Maksimal nominalnya setara dengan 60 ribu rupiah. Tetapi jika ada caleg yang membagi-bagikan sabun mandi, minyak goreng atau sembako lainnya walaupun harganya dibawah 60 ribu ya tidak boleh," katanya.

deha--



Nama

ARTIKEL,28,BERITA,1646,FEATURE,334,HEADLINE,2040,MISTERI,10,PROFILE,18,RAGAM,7,
ltr
item
kamangkaranews: Reses Jangan Dipakai Kampanye
Reses Jangan Dipakai Kampanye
https://4.bp.blogspot.com/-rptaHpK3_0w/XDX0Hw9mtcI/AAAAAAAAA1s/QDwINZBC-NMCNbOLT9HZw1pQv2LaH7hlACLcBGAs/s1600/Logo%2BBawaslu%2BKuningan_komp%2Bweb.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-rptaHpK3_0w/XDX0Hw9mtcI/AAAAAAAAA1s/QDwINZBC-NMCNbOLT9HZw1pQv2LaH7hlACLcBGAs/s72-c/Logo%2BBawaslu%2BKuningan_komp%2Bweb.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2019/01/reses-jangan-dipakai-kampanye.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2019/01/reses-jangan-dipakai-kampanye.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content