Puluhan Petani Desa Randusari Bersama TNI Perbaiki Tanggul Jebol




BREBES (KN),- Upaya TNI membantu rakyat sepertinya tidak pernah lelah. Seperti yang dilakukan Babinsa dari Kodim 0713 Brebes, Serda Sayidi. Ia bersama masyarakat yang juga petani bawang di Dusun Soka, Desa Randusari, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, bergoyong-royong memperbaiki tanggul Sungai Bancang, Senin (7/1/2019).

Serda Sayidi, menyebutkan, jebolnya tanggul sungai tersebut mengakibatkan para petani bawang mengalami kerugian. Penambalan darurat sepanjang 60 meter dan tinggi dua meter dimulai sejak Minggu 6 Januari 2019, melibatkan 30 orang warga dan petani yang terdampak dengan menggunakan karung yang diisi tanah.

“Tanggul Sungai Bancang jebol pada Jumat tanggal 4 Januari 2019. Penambalan tanggul kami lakukan untuk menghindarkan dampak kerugian yang lebih besar bagi petani maupun pemukiman masyarakat pada puncak musim penghujan Januari-Februari 2019,” katanya.


Menurutnya, Babinsa hanya memotivasi warga untuk melakukan langkah antisipasi secepatnya sambil menunggu bantuan alat berat maupun bronjong guna lebih memaksimalkan ketahanan tanggul baru.

Kendati akibat banjir tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Karena sekitar 13 hektar lahan pertanian tergenang dengan ketinggian bervariasi rata-rata 50 centimeter.

“Sehari setelah banjir petani berusaha menyelamatkan tanamannya dengan penyedotan sawah menggunakan pompa air, mereka juga berharap tidak terjadi hujan deras sebelum tanggul jadi,” katanya.

--SR


Diberdayakan oleh Blogger.