Perhutani Antisipasi Karhutla Akibat El-Nino




KUNINGAN (KN),- Administratur/KKPH Kuningan yang baru, Uum Maksum, mengatakan, Selasa (15/1/2019), sudah mempersiapkan kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) karena anomali iklim El-Nino moderate yang diprediksi pada bulan Januari-Februari 2019.   

Hal itu ungkapkan terkait statement Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, di media ini, Senin (14/1/2019), meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) mengantisipasi kemungkinan terjadinya karhutla yang disebabkan El-Nino.

“Kita selalu menditeksi lokasi-lokasi rawan kebakaran, rawan bencana sudah kita maping dan itu sudah disampaikan ke daerah termasuk dengan BPBD untuk menangani bencana alam yang sering terjadi setiap tahun,” katanya usai pisah sambut dengan pejabat sebelumnya, Tedy Sumarno yang pindah ke Wilayah Bandung Selatan.

Dijelaskan, Perhutani Kuningan sudah mempersiapkan para Polisi Hutan (Polhut), RPH dan Mandor untuk menjaga dan menginformasikan setiap kejadian yang ada. Menurutnya, Kuningan sudah siap jika sewaktu-waktu terdapat kebakaran hutan dan lahan, terutama adanya anomali iklim El-Nino.

“Kami berpesan kepada masyarakat Kabupaten Kuningan agar menjaga hutan. Karena hutan bukan untuk hari ini tetapi untuk anak cucu kita. Tentunya lingkungan dan ekologinya harus kita jaga. Ada manfaat lain jika lingkungannya terjaga,” katanya.

deha--


Diberdayakan oleh Blogger.