Uniku Gelar Kejuaraan Pencak Silat Rektor Cup III 2018




KUNINGAN (KN),- Ratusan pendekar yang tergabung dari beberapa paguron mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Rektor Uniku Cup III 2018, di Student Center Iman Hidayat Uniku, Sabtu (22/12/2018).

Rektor UNIKU, Dikdik Haryadi, mengatakan, para pendekar itu terdiri dari para pelajar SD, SMP dan SMA sederajat Se-Wilayah Kunci Bersama (Kuningan, Cirebon, Majalengka, Cilacap, Brebes, Banjar, Ciamis dan Pangandaran) serta undangan. Kejuaran yang kali ketiga ini, berlangsung dari tanggal 22- 25 Desember 2018.

"Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan akan menjadi wadah paguron silat untuk melestarikan seni bela diri silat, sekaligus sebagai ajang berkompetisi melahirkan para atlet terbaik. Oleh karenanya dibutuhkan kerjasama semua pihak agar terus  bisa berjalan dan berkesinambungan," katanya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kuningan, Ukas Suharfaputra, menuturkan, melalui kegiatan ini akan tumbuh rasa memiliki bahwa  seni pencak silat merupakan warisan yang berharga. Juga ajang mempersatukan dan menjaga silaturahim antar paguron.

Ia mengingatkan untuk para pendekar yang akan bertarung agar  menjunjung tinggi sportifitas untuk menjadi yang terbaik. Salam silat,  hudang, tandang terus  menang.

Senada dengan itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, mengatakan, Kuningan tahun 2019 akan menjadi Kabupaten Silat. Pemkab Kuningan akan terus mendukung setiap penyelenggaraan pencak silat. Hal ini merupakan bagian dari kekayaan seni budaya di Kuningan.

Sebagai pendekar silat, Acep mengingatkan, kalau menjiwai silat, disitu akan senyawa dengan diri kita. Dengan silat bangun jiwa-jiwa yang sehat dan kuat. Jiwa besar, sportif, saling tolong menolong dan memiliki kepedulian sosial.

"Banyak orang asing belajar silat di Indonesia ini menandakan bahwa silat memiliki nilai seni yang tinggi. Jadi sudah selayaknya kita sebagai penerus langsung dari leluhur kita. Untuk senantiasa menjaga dan melestarikan pencak silat," katanya. (deha)


Diberdayakan oleh Blogger.