SDN Sukamulya Juara I Festival Angklung Tingkat Kabupaten Kuningan




KUNINGAN (KN),- Sekolah Dasar Negeri Sukamulya, Kecamatan Cigugur, meraih Juara I Festival Angkung Pelajar SD, SMP dan SMA se Kabupaten Kuningan Tahun 2018 di Gedung Kesenian Kuningan, Jumat (16/11). Juara II SDN I Jalaksana Kecamatan Jalaksana  dan Juara III SDN 6 Purwawinangun Kecamatan Kuningan.

Untuk tingkat SMP, Juara I SMP Yos Sudarso Kecamatan Cigugur, Juara II SMPN Kadugede Kecamatan Kadugede, Juara III SMPN 1 Kuningan. Kemudian Juara Harapan I SMPN Luragung Kecamatan Luragung, Harapan II SMPN 4 Kuningan dan Harapan III SMPN  Cigugur.

Sedangkan tingkat SMA, Juara I SMAN 3 Kuningan, Juara II SMAN Kadugede, Juara III SMAN Luragung, Disusul Juara Harapan I SMAN 1 Kuningan dan Juara Harapan II SMAN Cilimus Kecamatan Cilimus.

Salah satu penampilan para siswa SD di Festival Angkung Pelajar SD, SMP dan SMA 
se Kabupaten Kuningan Tahun 2018 

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kuningan, Dodon Sugiharto, mengatakan, jumlah peserta festival ini ada 17 sekolah dan merupakan kali kedua, sebelumnya hanya untuk tingkat SD. “Penampilan di ajang festival hanya sebuah akhir, yang penting sejak awal anak-anak dilatih disiplin, bisa kompak dan menjalin kerjasama ketika latihan,” katanya.

Menurutnya, angklung lahir di Kabupaten Kuningan. Sesuai perkembangannya bisa menjadi nada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, si, do). Oleh karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan berkeinginan agar seni angklung ini bisa dilestarikan dan disukai anak-anak sekolah di Kabupaten Kuningan.

“Juara di festival kali ini akan diikutsertakan dalam ajang Festival Angklung Internasional di ITB mendatang. Mudah-mudahan melalui festival angklung kita sukseskan kuningan sebagai Kabupaten Angklung,” katanya. (deha)   


Diberdayakan oleh Blogger.