Pencarian King Cobra Usai Mangsa Ular Lain di Desa Benda Belum Ditemukan

Foto : Nat Geo Wild TV.


KUNINGAN,- Seekor ular king cobra (ophiophagus hannah) usai memangsa ular lain di Dusun 4 RT.02 RW.04, Desa Benda, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan oleh petugas UPT Damkar, Sabtu (16/3/2024) pukul 09:35 WIB, hingga berita ini dibuat, ular dimaksud belum ditemukan.


"Orang yang pertama melihat ular king cobra sedang memangsa ular lain yaitu Bapak Sukma, sekira pukul 08:00 WIB," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Pemadam Kebakaran (UPT Damkar) Sat Pol PP Kabupaten Kuningan, Andri Arga Kusumah, dalam keterangan tertulisnya.


Lebih lanjut dijelaskan, karena Sukma merasa ketakutan, kemudian memberitahukannya kepada Kepala Dusun Desa Benda, Didi Rohidi. Pada pukul 09:00 WIB, Didi, menghubungi call center UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan 0813-2269-8881 / (0232) 871113, minta bantuan evakuasi ular king cobra.


Lebih lanjut disebutkan, lima orang anggota dari regu III UPT Pemadam Kebakaran Sat Pol PP Kabupaten Kuningan dengan satu unit Randis KR4 RR, pukul 09:05 WIB menuju lokasi, tiba pukul 09:35 WIB melakukan pencarian hingga pukul 10:25 WIB tapi ular itu tidak ditemukan.


Menurutnya, jika dibiarkan atau tidak dievakusi dikhawatirkan dapat membahayakan warga masyarakat yang melakukan kegiatan atau berada di sekitar area tersebut.


Ia menyarankan warga masyarakat jangan membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembab, karena akan mengundang ular masuk lokasi halaman rumah.


Ada beberapa tips mencegah ular masuk ke pemukiman warga. Pertama, bersihkan pekarangan rumah dan hindari menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai.


Kedua, usir hewan yang menjadi mangsa ular. Ketiga, tempatkan hewan peliharaan di tempat aman. Keempat, semprotkan pengharum rumah dan isi lubang dengan benda padat yang berpotensi ular masuk.


"Pakai kapur barus atau bahan aroma yang wangi dan lainnya akan menggangu sesor penciuman ular dalam mencari mangsa sehingga ular tidak akan masuk ke dalam rumah," harapnya. 


Pewarta : deha.
Sumber : UPT Damkar Kuningan.

Diberdayakan oleh Blogger.