Menelaah Informasi Pra Pleno Rekapitulasi KPU Demi Stabilitas Pemilu 2024 yang Demokratis


Oleh : Dewa Galih Dwiginting.


Menjelang pleno hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan banyak bersimpah ruah informasi data hasil yang berasal dari lembaga survey. 


Data tersebut seolah menjadi acuan publik dalam hasil Pemilu 2024. Beberapa pihak yang merasa tidak memperoleh suara sesuai ekspektasinya merasa dirugikan dan dicurangi dalam Pemilu 2024. 


Padahal data valid dari KPU belum secara resmi diumumkan sehingga menyebabkan tergiringnya opini publik yang negatif. Gejolak ini menjadi polemik baru di moment Pemilu 2024 yang kerap seolah mengkambinghitamkan penyelenggara.
 
Seharusnya kita sadar betul bahwa kinerja penyelenggara dibawah naungan Komisi Pemilihan Umum itu diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu jika memang terbukti ada oknum yang bekerja di luar koridornya akan diproses secara etik oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. 


Jika kita gali lebih rinci lagi dalam pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara (P2S) selain diawasi oleh Pengawas Desa/ Kelurahan, juga diawasi oleh Pengawas Tempat Pemungutan Suara dan Saksi sebagai perwakilan partai politik atau calon kandidat. 


Pada momentum ini sangat minim bahkan tidak mungkin terjadi kecurangan. Jangankan melakukan kecurangan kesalahan dalam teknispun resikonya Pemungutan Suara Ulang yang membuat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara harus bekerja dua kali.


Sebagai warga sipil yang mempunyai hak pilih, kita harus bisa membuka mata secara lebar dan mengkaji ulang informasi yang beredar demi terciptanya pemilu yang demokratis sesuai dengan asas pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. 


Kita serahkan dan percayakan kepada lembaga yang berwenang yaitu KPU, Bawaslu dan DKPP, disamping kita mengkaji dalam tahapan dan menunggu hasil kita juga harus bisa memfilter informasi yang beredar yang dapat diindentifikasikan sebagai hoax yang berujung memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.


") Penulis : Kabid Hukum dan HAM HMI Cabang Kuningan sekaligus Ketua PPS Desa Pajawankidul.

Diberdayakan oleh Blogger.