Mantan Sekdis Parekraf DKI Jakarta Mengkritisi Tour de Linggarjati

Jeje Nurjaman (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno.


KUNINGAN (KN),- Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta, mengkritisi Tour de Linggarjati (TdL) karena promosinya dinilai terlalu mendadak.

"Padahal event itu sudah masuk kalender tahunan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang seharusnya menjadi perhatian Pemda Kuningan," kata Jeje Nurjaman, kepada kamangkaranews.com ketika diminta pendapatnya melalui telepon seluler, Jumat (16/12/2022).

Menurut pria kelahiran Kabupaten Kuningan itu, event TdL diharapkan nantinya bisa mendatangkan turis mancanegara maupun lokal, hanya saja informasi kegiatannya tidak merata.

Dikatakan, sebenarnya peminat goweser dari Jakarta dan sekitarnya sangat ingin berpartisipasi namun sayang kurang promosi dari Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan.

"Jikapun pihak Disporapar Kuningan menginformasikan kegiatan itu tapi terlalu mendadak sehingga para goweser kesulitan mengatur jadwalnya," katanya.

Jeje yang sering gowes bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, menambahkan, Tour de Linggarjati seharusnya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan.

"Hingga saat ini, Pemda Kuningan tidak pernah mempublikasikan di media massa berapa persen peningkatan pariwisata setelah adanya Tour de Linggarjati," katanya.

Terpisah, salah seorang owner obyek wisata yang namanya tidak mau disebutkan, mengatakan, setelah adanya kegiatan TdL kunjungan wisatawan ke  Kabupaten Kuningan tidak menunjukkan peningkatan yang siginifikan. 

"Diperparah lagi pengembangan pariwisata oleh Disporapar tidak dilakukan secara terintegrasi dan profesional," tandasnya.

Kalau kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan hanya dilihat pada saat pelaksanaan TdL, hal itu bukan menjadi barometer karena para pembalap TdL tidak datang sendirian tapi bersama dengan timnya yang berarti lebih dari satu orang.

Data yang dihimpun redaksi, Tour de Linggarjati (TdL) digulirkan sejak 2015. Tahun ini tepatnya 16-18 Desember 2022, kembali digelar untuk yang ke-6 dan jumlah peserta 320 pembalap.

Pewarta : deha.

Diberdayakan oleh Blogger.