Mahasiswa Prodi PBio FKIP Uniku Raih Juara I Lomba Microteaching Nasional di Unsil



KUNINGAN (KN),- Tiga orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan (Prodi PBio FKIP Uniku) berhasil meraih Juara I Lomba Microteaching Tingkat Nasional di Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat.

Juara II maupun III yaitu mahasiswa Unsil. Tim juri dari Universitas Siliwangi, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Mulawarman Kalimantan.

Ketiga mahasiswa Uniku tersebut terdiri dari Ashhafa Roqiiqulqolby (21), Nila Alifah (21) dan Lian Meliana (21). Mereka tergabung satu tim yang saat ini duduk di semester VII atau tingkat akhir mengikuti lomba Microteaching pada November 2022.

"Pendaftaran lomba awal November 2022 dan pengumuman pemenang minggu kemarin," kata Ashhafa  mewakili teman-temannya kepada kamangkaranews.com, di rumahnya, Minggu (27/11/2022) sore.

Ashhafa yang merupakan putri kedua dari Anan Sanan, menjelaskan, tim PBio FKIP Uniku ikut mendaftar lomba itu menjelang batas waktu penutupan pendaftaran.

"Kami tahu informasi lomba itu dari grup PBio, namanya Second Family Biology, termasuk ada alumni yaitu A Angga memberikan posternya, kemudian Sekretaris Prodi, Bu Rahma minta agar PBio bisa mewakili ikut lomba," katanya.

Mekanisme penilaian, pertama membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) di sekolah atau langkah-langkah mengajar itu seperti apa.

"Karena RPP banyak, kami bagi tugas, ketua tim Nila Alifah membuat Syntax Pembelajaran. Ashhafa membuat Lembar Kerja Siswa. Kalau Lian membuat Penilaian Siswa dan Materi. Kita menyusun itu hingga larut malam," katanya.

Setelah itu submit sekalian daftar lomba pada 6 November 2022, kemudian menunggu tanggal untuk pengumuman administrasi. RPP itu dikirimkan ke panitia lomba.

"Alhamdulillah dari Uniku lolos administrasinya, tahap berikutnya harus mengirimkan video sebagai bentuk realisasi dari RPP. Adapun waktu pembuatan RPP dan video adalah dua minggu," katanya.

Setelah video dikirimkan ke panitia lomba, Uniku masuk 6 besar, tahap selanjutnya wawancara zoom meeting (daring) pada 21 November 2022.

"Wawancara sekira pukul 09.00-10.00 WIB, pengumuman pemenang antara pukul 14.00-15.00 WIB karena dari RPP dan video sudah ada nilai, sedangkan wawancara sebagai pendukung atau 15 persen dari total penilaian," sebutnya.

Hadiah Lomba Microteaching berupa uang pembinaan yang ditransfer ke rekening dirinya mewakili kedua orang temannya dalam satu tim.

"Termasuk dari Sekretaris Prodi PBio FKIP Uniku, Bu Rahma memberikan uang "kadeudeuh" mewakili Ketua Prodi, Bu Handayani," katanya.

Dengan diraihnya Juara I Lomba Microteaching Nasional, ia mengaku tidak menyangka akan menjadi juara karena ketika mendaftar mendadak di akhir batas waktu pendaftaran.

Pada kesempatan itu, ia mengampaikan terima kasih kepada Ketua dan Sekretaris Prodi PBio FKIP Uniku yang telah memberikan suport dan membimbingnya ketika ikut lomba.

"Saya berharap kepada adik-adik kelas di PBio FKIP Uniku agar lebih kreatif dan jangan ragu-ragu untuk mengikuti setiap lomba sehingga bisa meningkatkan wawasan dan menambah pengalaman," harapnya.

Pewarta : deha.


Diberdayakan oleh Blogger.