Warga Perum Korpri Keluhkan Bau Sampah di Pinggir Jalan Ir Soekarno




KUNINGAN (KN),- Warga Perumahan Korpri, Kelurahan Cigintung, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengeluhkan keberadaan sampah yang menumpuk di pinggir Jalan Ir. Soekarno, Senin (5/9/2022).

Menurut salah seorang warga, berinisial  Y, tumpukan sampah di atas trotoar di bawah pohon yang dibungkus plastik dan karung itu,  menimbulkan bau menyengat.

"Di pinggir Jalan Ir. Soekarno atau dikenal jalan baru dekat komplek Perumahan Korpri tidak ada Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS)," katanya kepada kamangkaranews.com.

Ia mengusulkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan agar sampah itu setiap hari diangkut armada sampah.

Senada dengan itu, salah seorang pemilik usaha yang lokasinya berada di sebelah utara beberapa meter dari tumpukan sampah, mengaku kesal adanya bau yang menyengat.

"Apalagi kalau ada angin dari sebelah Selatan, sangat terasa baunya sehingga menyesakkan di dada," kata M yang tidak mau dicantumkan nama lengkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas LH, Wawan Setiawan, ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, sedang sakit dan menyarankan jurnalis menghubungi Kabid Pengelolaan Sampah.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH, Beni Setiawan, mengatakan, awalnya di dalam komplek perumahan Korpri terdapat TPSS jenis kontainer.

"Namun warga yang rumahnya dekat dengan TPSS itu memprotesnya dan akhirnya warga membuang sampah ke pinggir jalan," kata Beni dari telepon selulernya.

Masalah itu, lanjutnya, agar dibicarakan di internal warga, kontainer sampah mau disimpan dimana dan pihak perumahan harus menyediakan lahan untuk TPSS supaya sampah mudah diangkut armada.

Disebutkan, armada sampah mengangkut sampah dari Perum Korpri setiap Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

"Sampah itu jangan langsung dibuang tetapi bisa dikelola yaitu kumpul, pilah, kemas dan buang, sehingga sampah non organik masih bisa dimanfaatkan," pungkasnya.

Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.