FHut Uniku Tebar Ratusan Benih Ikan dan Eco Enzym di Situ Cimalompong



KUNINGAN (KN),- Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Universitas Kuningan (FHut Uniku) menebar ratusan benih ikan dan eco enzym di Situ Cimalompong, Kelurahan Ciporang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, mengatakan, ini salah satu bentuk pengaplikasian dari teman-teman Fakultas Kehutanan dan Lingkungan yang konsisten peduli untuk menjaga kelestarian dan eksosistem sumber daya alam di Kabupaten Kuningan.

"Alhamdulillah, hari ini kita menebar eco enzym dan benih ikan di Situ Cimalompong Kelurahan Ciporang Kuningan, semoga memberikan manfaat,” katanya seperti yang dilansir dalam siaran persnya, Rabu (14/9/2022)

Ia didampingi Lurah Ciporang, Dadan Sudiana, Wakil Rektor IV, Novi Satria Praja dan Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Yayan Hendrayana.

"Hal ini dapat memberikan pembelajaran kepada rekan-rekan mahasiswa baru agar tetap peduli dengan merawat dan menjaga lingkungan serta alam yang ada di sekitar kita," harapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan ditebarnya benih ikan dan eco enzym di Situ Cimalompong dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kelurahan Ciporang Kuningan.

"Semoga, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kelurahan Ciporang Kuningan,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Ciporang, Dadan Sudiana, mengapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Uniku, khususnya kepada Fakultas Kehutanan dan Lingkungan atas kepeduliannya terhadap Situ Cimalompong.

“Mewakili masyarakat Kelurahan Ciporang, saya sampaikan terima kasih atas kepedulian Uniku, khususnya Fakultas Kehutanan dan Lingkungan yang telah menebar benih ikan dan eco enzyme di Situ Cimalompong,” ujarnya.

Menurutnya, ikan-ikan di Situ Cimalompong memang tidak boleh dipancing. Namun satu tahun sekali, biasanya masyarakat yang akan mengambil ikan-ikan tersebut.

Referensi dari berbagai sumber yang dihimpun kamangkaranews.com, eco enzyme merupakan larutan atau cairan multifungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari campuran sisa sampah organik (buah-buahan dan sayuran), gula merah tebu dan air.

Warnanya kecoklatan (muda atau tua) dan berbau asam manis seperti bau khas fermentasi tape atau rice wine.

Salah satu manfaat eco enzyme sangat baik untuk pertumbuhan ikan di kolam, selain cepat besar karena makan lebih banyak juga warna ikan juga jauh lebih sehat dan segar.

Pewarta : deha.
Sumber : Humas Uniku.


Diberdayakan oleh Blogger.