Damkar Berikan Edukasi Bahaya Kebakaran kepada Murid SD IT Al-Basyar Mekarwangi





KUNINGAN (KN),- UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sering dikunjungi para siswa sekolah, mulai SD, SLTP, SLTA hingga perguruan tinggi.





Kunjungan tersebut untuk mengetahui tupoksi dan penanganan kebakaran yang dilakukan para petugas pemadam kebakaran.

Kali ini 35 murid SD IT Al-Basyar Desa Mekarwangi, Kecamatan Lebakwangi, didampingi empat orang gurunya datang ke kantor UPT Pemadam Kebakaran, Rabu (7/9/2022).

Mereka mendapat edukasi Sosialisasi Profesi Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Kebakaran.

Kepala UPT Damkar, Mh. Khadafi Mufti, diwakili Kasubbag TU, Uus Usmara, menyambut baik kunjungan murid-murid SD IT Al-Basyar Desa Mekarwangi.

"Kami menyambut baik kunjungan anak-anak yang didampingi bapak ibu guru datang ke sini dan semoga edukasi penanggulangan bahaya kebakaran bisa bermanfaat," katanya.

Dengan adanya pembekalan mengenai bahaya dini kebakaran diharapkan anak-anak dapat berhati-hati terhadap api.

Salah seorang petugas damkar, memberikan penjelasan tentang tugas pemadam kebakaran ada lima.

"Pertama, memadamkan kebakaran. Kedua, penanggulangan kebakaran. Ketiga, penyelamatan. Keempat, pemberdayaan masyarakat. Kelima, penanganan bahaya beracun" sebutnya.

Para petugas damkar bukan hanya memadamkan api kebakaran tetapi tugas lainnya yaitu penyelamatan, seperti menangkap ular, tawon, monyet dan menyelamatkan orang terperosok ke dalam sumur.

Selain itu pula, membantu orang membuka cincin yang susah dilepas di jari tangannya, membersihkan jalan yang tertutup urugan atau longsor, menyemprot disinfektan dan tugas kemanusiaan lainnya.

"Anak-anak harus berhati-hati terhadap api karena ketika api kecil akan bermanfaat misalnya untuk memasak tapi kalau apinya besar akan berbahaya," katanya, sambil menjelaskan peralatan petugas pemadam kebakaran.

Termasuk para guru dan orang tua bisa lebih memahami bagaimana mengantisipasi kejadian kebakaran dan jika tidak mampu menangani segera menghubungi pemadam kebakaran ke telepon (0232) 871113, siap melayani gratis.

Di tempat yang sama, Kepala SD IT Al-Basyar Desa Mekarwangi, Jajang Sujanto diwakili salah seorang guru, Hilman Hakim, kepada kamangkaranews.com, mengaku puas dengan pelayanan dari petugas kebakaran.

Kendati tidak diperbolehkan  berkeliling naik kendaraan pemadam kebakaran oleh Polres Kuningan karena situasi masih pandemi Covid-19 tapi hal itu bukan halangan terhadap kebahagiaan murid-muridnya.

"Ini kunjungan kami yang pertama dan anak-anak terlihat senang mendengarkan penjelasan dari petugas kebakaran yang humanis dan familiar kepada anak-anak kami," katanya.

Pewarta : deha
Diberdayakan oleh Blogger.