Antisipasi Kebakaran, Damkar Siaga Selama Pameran Pembangunan 2022



KUNINGAN (KN),- Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, siap siaga mengantisipasi kebakaran di area Pameran Pembangunan 2022 di Terminal Bus Tipe A Kertawangunan.

Hal itu diungkapkan Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP, Mh. Khadafi Mufti, kepada jurnalis kamangkaranews.com di ruang kerjanya, Kamis (8/9/2022).

"Selama pameran pembangunan mulai 1-10 September 2022 petugas Damkar siap siaga di lokasi untuk mengantisipasi dan pencegahan dini terjadinya kebakaran," katanya.

Sebelumnya, ia menerima surat permohonan dari panitia penyelenggara pameran yaitu Direktur PDAU Nomor No. 099/DIR/PERUMDAAU/VIII/2022 tanggal 25 Agustus 2022, perihal bantuan pengamanan personil dan kendaraan Damkar.

Disebutkan, setiap hari menugaskan 10 orang anggota dari regu 2 dibantu staf TU dan Randis roda empat yang dibagi dua sift masing-masing 5 orang setiap 7 jam sekali, pukul 08.00 -15.00 Wib dan 15.00-22.30 Wib.

"Tugas Damkar adalah proteksi kebakaran dan mengantisipasi serta mendeteksi terjadinya kebakaran," katanya.

Oleh karena itu, petugas Damkar selalu mobile di lokasi pameran pembangunan untuk mengedukasi para peserta (penyewa stand) tentang pencegahan dini kebakaran.

Termasuk lapak atau kios para pedagang makanan yang menggunakan kompor gas agar selalu berhati-hati karena bahan dasar stand mudah terbakar.

"Kami juga menginformasikan kepada peserta pameran bahwa Damkar ada di dekat pintu masuk area pameran" katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, di stand itu banyak terpasang kabel listrik yang sambung menyambung dengan yang lainnya. Ini sangat beresiko terjadi konsleting listrik.

"Kami memeriksa mulai sentral pertama dan seterusnya jangan sampai ada kabel yang terbuka pembungkusnya bisa menyebabkan konsleting listrik dan terjadi kebakaran," ujarnya.

Seperti pada Rabu kemarin Kuningan hujan deras, ditemukan kabel yang dibungkus isolatip terkelupas, kalau dibiarkan khawatir ada pengunjung kesetrum.

Bukan hanya itu, keberadaan petugas Damkar di sana dalam upaya penyelamatan, baik kepada peserta pameran maupun pengunjung.

Dicontohkan, pada hari kelima Damkar menerima laporan ada pengunjung yang pingsan, kemudian dievakuasi dan diberikan oksigen, selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

"Kebetulan di posko Damkar disiapkan oksigen, Alhamdulillah infonya orang itu sekarang sudah sehat," katanya.

Di akhir perbincangan, ia mengapresiasi panitia penyelenggara Pameran Pembangunan 2022 dan berharap tahun depan bisa lebih baik lagi.

Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.