KKN Uniku 2022 Resmi Ditutup, LPPM Gelar Diseminasi




KUNINGAN (KN),- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan (Uniku) sukses melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2022.




Data dari Humas Uniku melalui whatsapp, menyebutkan, KKN di 64 desa dari 16 kecamatan di Kabupaten Kuningan, mulai 5 Juli hingga 8 Agustus 2022.

Sebagai penutup rangkaian KKN 2022, LPPM menggelar kegiatan yang bertajuk “Diseminasi Hasil KKN”, dipusatkan di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku, Rabu (24/8/2022).

Kepala LPPM, Toto Supartono, dalam laporannya, mengatakan, kegiatan ini sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan KKN Uniku 2022.

“Diseminasi hari ini merupakan kegiatan penutup rangkaian KKN Uniku tahun 2022,” katanya.

Kegiatan KKN bertema “Meningkatkan Literasi Masyarakat Perdesaan Menuju Desa yang Unggul, Sejahtera, Mandiri dan Berwawasan Global Melalui Pemberdayaan Masyarakat”.

"Peserta 1.188 mahasiswa dan mahasiswi yang disebar di 64 desa dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan," sebut Toto.

Lebih lanjut dijelaskan, program unggulan literasi dan numerasi, peningkatan ekonomi dan UMKM, teknologi informasi dan komunikasi, mitigasi bencana dan kesadaran hukum. 

Diseminasi hari ini hanya diwakili lima kelompok dengan tujuan untuk memaparkan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan selama KKN. 

"Diakhir seminar hasil KKN ini akan diumumkan lomba poster, laporan terbaik dan video profil desa dan DPL terbaik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksana kegiatan KKN 2022 yang berjalan dengan lancar dan sukses. 

"Terima kasih saya sampaikan kepada Pemda Kuningan meliputi kecamatan dan desa yang telah memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan KKN sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses," katanya.

Ia pun mengapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya mewakili seluruh jajaran pimpinan Uniku kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan KKN 2022.

Dikdik berharap, semoga kehadiran mahasiswa dan mahasiswi KKN Uniku dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat yang di desa yang dijadikan lokasi KKN maupun umumnya bagi Pemerintah Daerah. 

"Semoga, hasil KKN Uniku dapat memberikan kontribusi dan sumbangsih yang nyata dalam peningkatan pembangunan di Kabupaten Kuningan," harapnya. 

Sementara itu, Bupati Kuningan diwakili Asda Ekonomi Pembangunan, Ukas Suharfaputra,  mengapresiasi kegiatan KKN Uniku. 

"Saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Uniku yang telah melaksanakan kegiatan KKN di 64 desa dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan," katanya. 

Pembangunan di Kabupaten Kuningan, imbuhnya, merupakan tugas bersama yang di dalamnya juga ada peran dari mahasiswa dan akademisi. 

"Karena mahasiswa dan akademisi juga  memiliki peran untuk membantu pembangunan di daerah," katanya.

Hadir, perwakilan BAPPEDA, Disdikbud, Diskopdagerin, BPBD, Disporapar, DPMD, jajaran pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), beserta jajaran pejabat struktural Uniku, dosen pembimbing lapangan, mahasiswa peserta KKN dan tamu undangan lainnya.

Pewarta : deha
Sumber : Humas Uniku
Diberdayakan oleh Blogger.