Akibat Sering Banjir, Warga Citangtu Gotong Royong Perbaiki Drainase



KUNINGAN (KN),- Akibat sering banjir, warga RT18 dan RT19 RW04, Lingkungan Talahab, Kelurahan Citangtu, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, gotong royong memperbaiki drainase (saluran air).

Kepada kamangkaranews.com, salah seorang warga setempat, Deni Mohamad Ma'ruf, Minggu (10/7/2022) sore, mengatakan, perbaikan drainase tersebut dilaksanakan pada Jumat (8/7).

Menurutnya, drainase itu harus diperbaiki karena jika hujan maka air dari saluran di sebelah kiri jalan meluap sehingga menutupi jalan di bawahnya.

"Berdasarkan kesepakatan warga dibuat drainase baru dengan cara membongkar badan jalan yang berada di bawahnya," kata Deni.

Lebih lanjut dijelaskan, setelah jalan dibongkar kemudian dipasang pipa sepanjang empat meter disambungkan ke saluran air di sebelah kanan kemudian ditutup kembali menggunakan semen.

"Biaya perbaikan dan bahan material diperoleh dari swadaya masyarakat dan dikerjakan secara gotong royong," katanya.

Kepada seluruh warga, ia berpesan, setelah drainase diperbaiki agar dirawat dan harus menjaga kebersihan lingkungan jangan membuang sampah ke saluran air karena saat hujan akan menyumbat pipa.

"Membuang sampah sembarangan ke saluran air menyebabkan pipa tersumbat dan akhirnya banjir," pungkasnya.

Pewarta : deha


Diberdayakan oleh Blogger.