Pemprov Jabar Bantu Biayai Perbaikan Jalan Lingkungan di Cijoho




KUNINGAN (KN),- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan memberikan bantuan keuangan untuk membiayai perbaikan jalan lingkungan di Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

"Sebenarnya pengajuan kami ada dua, pertama perbaikan jalan lingkungan (latasir) yang mudah-mudahan Agustus 2022 terrealisasi dan renovasi kantor Kelurahan Cijoho," kata Lurah Cijoho, Eman Sulaeman, kepada kamangkaranews.com di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022).

Disebutkan, pengajuan anggaran untuk dua kegiatan tersebut sebesar Rp500 juta, namun kemungkinan realisasinya masing-masing Rp200 juta.

Adapun dinas yang melaksanakannya DPUTR atau DKPP karena Pemerintah Kelurahan hanya menentukan lokasi mana saja jalan lingkungan yang perlu diperbaiki.

"Termasuk anggarannya ada di SKPD terkait," katanya.

Menurutnya, pengajuan ke Pemprov Jabar bukan melangkahi pimpinan tetapi justru ingin membantu Pemda Kuningan dalam bidang pembangunan infrastruktur.

Ditanya apakah nanti ada rencana perbaikan jalan lingkungan bersumber dari pokir (program aspirasi) anggota DPRD Kuningan yang berdomisili di Kelurahan Cijoho, ia menuturkan, hal itu belum jelas, berbeda ketika ia menjadi Lurah Purwawinangun.

Eman yang sebelumnya sebagai Lurah Purwawinangun selama dua tahun empat bulan, kemudian dirotasi ke Kelurahan Cijoho sejak 4 April 2022 (menjabat kurang lebih dua bulan) mengatakan, saat ini masih beradaptasi dan melakukan komunikasi serta koordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama.

"Alhamdulillah warga di sini kompak, begitu pula para ketua RT, RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Bukan hanya itu, sudah dibentuk paguyuban RT, RW untuk mempercepat informasi sosial kemasyarakatan maupun pembangunan," katanya.

Pada kesempatan ini, ia mengapresiasi pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Falah Cijoho karena jamaah yang shalat subuh seperti shalat jumat, bahkan Idul Fitri, artinya jumlah jamaahnya sangat banyak.

"Ketua DKM Al-Falah yaitu Bapak Maman Hermansyah dan pengurus lainnya sangat aktif dan koordinatif dengan pemerintah kelurahan, bahkan secara berkala melakukan kunjungan silaturahmi ke setiap pengurus DKL (langgar/mushola)," katanya.

Kunjungan tersebut sebagai upaya memberikan semangat dan mensosialisasikan program kerja DKM Al-Falah, sehingga jamaah yang shalat di masing-masing langgar / mushola jumlahnya banyak.

Banyaknya jamaah yang melaksanakan shalat subuh di Masjid Al-Falah ternyata dilirik bengkel Toyota memberikan kartu member kepada setiap jamaah berupa service tune up gratis.

Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.