Bawaslu Jabar Monitoring DPB ke Kuningan


KUNINGAN (KN),- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat melakukan supervisi dan monitoring Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) ke Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kuningan, Rabu (20/4/2022).
 
Dilansir dari WAG Mitra Bawaslu Kuningan, kegiatan itu untuk melakukan pemetaan terhadap kerja pengawasan terkait DPB yang dilaksanakan secara rutin oleh KPU Kabupaten Kuningan.
 
Kunjungan dipimpin Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan diterima Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan, Ondin Sutarman beserta seluruh komisioner.   


Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan, mengatakan, supervisi bertujuan untuk memonitoring dan mengecek DPB di setiap kabupaten kota yang ada di Jawa Barat.
 
Selain itu pula, untuk mengecek kesiapan pelaksanaan pemilu yang tahapannya akan dimulai awal Juni 2022.
 
“Sebagaimana kita ketahui, semua pihak sudah sepakat pelaksanaan pemilu akan dilakukan tanggal 14 Februari 2024 mendatang,” kata Abdullah.
 
Ia berpesan, semua lini baik Bawaslu dari tingkat pusat sampai tingkat kabupaten kota harus segera bersiap untuk melakukan kerja-kerja pengawasan.
 
Baik itu metode dan strategi yang akan dilaksanakan, terutama yang terdekat adalah tahapan yang akan dilakukan pada 2022 yaitu pendaftaran dan verifikasi partai politik.
 
“Khususnya partai politik yang tidak lolos Parlementary Threshold di Pemilu 2019 dan rekrutmen pengawas adhoc tingkat kecamatan serta desa sebagaimana tanggung jawabnya sebagai pengawas pemilu,” katanya.

Menurutnya, tugas mengawal pesta demokrasi bisa memastikan right to vote, salah satunya dengan menghadirkan daftar pemilih yang baik demi melindungi hak pilih masyarakat, antara lain, pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan.
 
Kemudian tugas mengawal right to candidate, agar tidak adanya kecurangan pemilu atau pelanggaran pemilu yang bisa terjadi.
 
Oleh karenanya, sebagai sebuah lembaga negara yang memiliki tugas pengawasan pemilu, sudah sepatutnya apabila seluruh personalia yang ada di dalamnya harus bisa kembali bersandar pada tujuan lembaga.
 
“Begitu pun dengan Bawaslu Kabupaten Kuningan,” katanya.
 
Abdullah berharap, Bawaslu Kabupaten Kuningan agar memberikan pelayanan publik yang bisa mencerminkan kelembagaan sebagaimana seharusnya.
 
“Hal ini penting terhadap peningkatan kualitas pelayanan yang bisa diberikan terhadap masyarakat,” pungkasnya.
 
Pewarta : deha
Sumber : Bawaslu Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.