Anak Pulang Sekolah Menjinjing Sepatu, Warga Winduherang Swadaya Bangun Jalan


KUNINGAN (KN),- Warga Kelurahan Winduherang, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, secara swadaya membangun jalan sepanjang 700 meter x 2 meter yang menghubungkan wilayah Kelurahan Winduherang – STKIP Muhammadiyah.
 
Lurah Winduherang, Nana Sumarna, kepada kamangkaranews.com di lokasi pekerjaan, Jumat (4/2/2022), mengatakan, pembangunan jalan tersebut untuk memudahkan akses warga dalam melakukan aktivitasnya.
 
“Awal mulanya saya survey disinyalir ada anak dari Winduherang pulang sekolah menjinjing sepatu di pematang sawah,” kata Nana.

Ia bersama ketua RT/RW dan LPM berembug untuk membuat jalan secara swadaya di atas lahan milik beberapa warga yang dihibahkan dan warga pun sepakat atau menyetujuinya.
 
“Pekerjaan pembuatan jalan bersama masyarakat dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Jumat sejak minggu kemarin, berarti sudah dua kali karena pada hari Jumat warga Winduherang libur bekerja,” katanya.
 
Tahap awal adalah membuka lahan sepanjang 700 meter x lebar 2 meter, kemudian nantinya dilakukan pengerasan dan setelah itu rencananya dibuat rabat beton.
 
“Hingga hari ini sudah sekitar 500 meter dan mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi akan dilakukan pengerasan,” katanya.
 
Ia pun mengajukan kepada Pemkab Kuningan, nantinya jalan itu dijadikan jalan usaha tani agar bisa lebih representatif.

Disebutkan, luas wilayah Kelurahan Winduherang 90 hektar. Adapun jumlah penduduk kurang lebih 3900 orang terdiri dari 5 RW dan 16 RT. Sedangkan mata pencaharian sebagian besar menjadi buruh bangunan.
 
Pantauan kamangkaranews.com, pekerjaan pembuatan jalan itu ditinjau anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Kuningan, Sri Laelasari.
 
Pewarta : deha

Diberdayakan oleh Blogger.