Malam Anugerah Mahasiswa Berprestasi Uniku Berlangsung Meriah



KUNINGAN (KN),- Perhelatan Malam Anugerah Mahasiswa Berprestasi Universitas Kuningan (Uniku) yang pertama digelar di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Sabtu (29/1/2022) malam, berlangsung meriah.
 
Malam penganugerahan mahasiswa berprestasi menggunakan metode hybrid (daring dan luring) mirip dengan penganugerahan yang ada di televisi nasional, dihadiri para pimpinan di lingkup Uniku dan tentunya para mahasiswa dan mahasiswi berprestasi tahun 2021.
 
Nampak hadir perwakilan Belmawa Dikti, pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Rektor Uniku bersama para wakilnya, Direktur Sekolah Pascasarjana dan Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi (Prodi) serta Sekretaris Prodi, Kepala Tata Usaha dan Dosen.
 
Dalam laporannya, Wakil Rektor IV, Novi Satria Praja, menyebutkan, ada beberapa jalur penghargaan yang ditorehkan mahasiswa berpestasi.
 
“Dimulai dari tingkat kabupaten ada 11 orang, tingkat Provinsi sebanyak 13 orang, tingkat nasional ada 29 orang dan tingkat internasional ada 6 orang mahasiswa,” sebutnya.
 
Menurutnya, partisipasi kegiatan MBKM terdapat satu orang mahasiswa Uniku ikut berpartisipasi di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. 6 mahasiswa KN-MIPA. Tiga mahasiswa NUBC dan tiga mahasiswa KDMI.
 
Kemudian, kegiatan PKM satu kelompok terdiri dari empat empat mahasiswa. KBMI ada tiga kelompok dengan 9 mahasiswa dan program KMMI ada empat Course dengan total mahasiswa 271 orang,” sebut Novi lagi.

Selain itu, sebanyak 100 orang mahasiswa Uniku ikut dalam program PHP2D yang terdiri dari 5 kelompok dan dua kelompok program LIDM dengan total 8 mahasiswa.
 
Selanjutnya, masih kata Novi, 21 mahasiswa program Magang MSIB. 38 mahasiswa Magang PMMB dan Kampus Mengajar sebanyak 333 mahasiswa. Program PMM 46 mahasiswa serta PKKM Kemenkop satu orang mahasiswa.
 
“Untuk Kemenpora terdapat 6 mahasiswa, Indonesia Bangkit dan Modul Nusantara, Uniku lolos pada program-program tersebut,” pungkasnya.
 
Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Uri Syam, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan pada malam hari ini dengan harapan ke depan kegiatan tersebut tetap dilaksanakan kembali.
 
“Harapannya Belmawa dapat menyampaikan ke Mas Menteri, bahwa ada perguruan tinggi di daerah yang berada di timur Jawa Barat yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, bernama Uniku. Mudah-mudahan termasuk salah satu perguruan tinggi yang berprestasi,” ujarnya optimis.
 
Sementara itu, perwakilan Belmawa Dikti, Wachyu Hari Haji, mengatakan, Uniku beberapa tahun yang lalu mungkin dirinya tidak mengenalinya, namun dalam perjalanan selama  waktu tiga tahun ini Uniku semakin dikenal dengan berbagai raihan prestasinya.
 
“Saya sempat berpikir, emang ada kampus di daerah Kuningan. Dikira saya Kuningan Jakarta, tetapi perkiraan saya salah ternyata Kabupaten Kuningan yang ada di Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.
 
Diterangkan, beberapa waktu lalu Uniku selalu muncul dalam berbagai kegiatan dan berhasil menorehkan prestasi yang sangat luar biasa.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh orang tua mahasiswa yang telah mendukung anaknya untuk berprestasi,” ucapnya.
 
Ia pun tak lupa menyampaikan hal itu kepada dosen yang telah memberikan bimbingan kepada para mahasiswa Uniku yang berprestasi.
 
“Saya sampaikan juga apresiasi kepada seluruh mahasiswa Uniku yang telah berprestasi mengharumkan nama baik pribadi, keluarga, lembaga kampus Uniku, Kabupaten Kuningan  maupun Provinsi Jawa Barat,” ucapnya lagi.
 
Diakhir sambutannya, ia mengapresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengurus yayasan, pimpinan Uniku yang selalu mendukung dan tegas untuk selalu mendukung program Kemendikbudristekdikti.
 
Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dikdik Harjadi, mengucapkan terima kasih kepada Belmawa Dikti, para dosen dan staf Uniku yang telah memberikan dukungannya bagi mahasiswa untuk berprestasi.
 
“Momentum malam penganugerahan ini sebagai salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi kami Uniku kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi,” katanya.
 
Melalui program MBKM yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, Uniku menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Uniku.
 
Program ini sebagai wahana bagi mahasiswa untuk menggali, mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa sebelum mereka terjun di dunia industri atau kerja yang sebenarnya.
 
“Alhamdulillah, Uniku mendapatkan kepercayaan dengan terpilih sebagai 14 perguruan terbaik program MBKM Kemendikbud RI dan harapannya semoga ke depannya, mahasiswa dan mahasiswi Uniku lebih banyak lagi yang berprestasi,” terangnya.
 
Ia meyakini akan lebih banyak lagi prestasi yang diraih. Untuk itu, tetap terus bersemangat untuk terus melahirkan prestasi-prestasi lagi yang kembali ditorehkan oleh para mahasiswa Uniku.
 
Dalam kesempatan tersebut, bukan hanya mahasiswa berprestasi saja yang diberikan penghargaan, namun dosen juga ada yang mendapatkan penghargaan.
 
Pewarta : deha
Sumber : Humas Uniku

Diberdayakan oleh Blogger.