Disdikbud Gandeng PWI Kabupaten Kuningan Tingkatkan Minat Menulis Siswa SMPN


KUNINGAN (KN),- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, Nunung Khazanah, dalam siaran persnya, Selasa (19/10/2021) mengatakan, banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis.
 
“Salah satunya gebrakan sekolah kepada anak didiknya dalam memicu minat tersebut seperti yang dilakukan SMPN 2 Cigugur,” katanya ketika menjadi narasumber Pelatihan Menulis Bagi Siswa SMPN di Desa Cileuleuy, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Senin (18/10).
 
Ia didampingi narasumber lainnya sesama rekan jurnalis yaitu wartawan Harian Umum Kabar Cirebon, Eman Sulaeman atau yang akrab disapa Kang Emsul.
 
Dikatakan Nunung, pelatihan menulis bersamaan dengan diresmikannya Kader Kolumnis Indonesia Negeri Dua Cigugur (KKI Neduci) melalui program Gerakan Gemar Menulis oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Uca Somantri.
 
Dalam pemaparan materinya, ia memberikan semangat kepada guru dan siswa supaya tidak bosan menulis dan mendorong supaya menjadi kolumnis yang dilirik banyak pembaca.
 
“Trik tersebut saya berikan dalam materi dalam mengubah sebuah ide dan imajinasi menjadi tulisan yang menarik,” katanya.



Menurut Nunung, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Uca Somantri, sangat mengapresiasi program yang digulirkan SMPN 2 Cigugur dan diharapkan program perdana itu bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya.

Dikatakan Uca, terlebih menghadapi Kabupaten Pendidikan dan Kabupaten Literasi, maka semua pihak terutama lembaga pendidikan harus kreatif dan inovatif dalam menumbuhkan minat baca dan menulis itu sendiri.
 
Ia menjelaskan, yang tidak akan hilang dari sejarah itu, salah satunya adalah ditorehkannya dalam tulisan. Ia akan selalu diingat dan dikenang,.
 
“Makanya adik-adik semua harus terus melatih diri dan pikiran kalian dengan membaca dan menulis, karena membaca dan menulis adalah nutrisi otak supaya terus berkembang," kata Uca.

Sedangkan Kepala Sekolah SMPN 2 Cigugur, Irsan Fajar, mengatakan, membaca dan menulis harus terus diasah sejak dini. Usia SMP adalah usia yang harus terus dipoles dan dipacu supaya membaca dan menulis menjadi hoby mereka.
 
“Makanya, saya menggandeng PWI untuk memberikan pelatihan kepada siswa-siswi SMPN 2 Cigugur ini," ujar Irsan. 
  
Pada kesempatan itu pula, pihak sekolah menyediakan pigura berisi quotes (kata-kata inspirasi) yang ditulis tangan langsung oleh Kadisdikbud dan Ketua PWI. Ada dua kalimat quotes yang akan diabadikan di lembaga pendidikan tersebut.
 
Pertama, menyebutkan "Tidak ada kata terlambat untuk mulai menciptakan kehidupan yang kamu inginkan" (quotes Kepala Disdik). Kedua, “Ubahlah dunia dengan karyamu, tajamkanlah pena tulisanmu sehingga mengguncangkan dunia" (quotes Ketua PWI Kuningan).
 
Pewarta : deha
Sumber : WAG PWI Kuningan

Diberdayakan oleh Blogger.