TK Negeri di Kabupaten Kuningan Semula 6 Menjadi 57



KUNINGAN (KN),- Pembangunan pendidikan dasar dan usia dini, khususnya sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berkembang pesat karena jumlah Taman Kanak-Kanak Negeri (TKN) semula ada 6, pada 2021 menjadi 57.
 
Hal itu disampaikan ketika Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 69 Kepala TKN dan SMPN secara simbolis dan virtual oleh Bupati Kuningan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Senin (19/7/2021).
 
Bupati Kuningan, Acep Purnama menyebutkan, pada tahun ini TK Negeri Kabupaten Kuningan bertambah 51 TK Negeri yang awalnya 6 sekarang menjadi 57.
 
“Mudah-mudahan dengan peningkatan jumlah TK Negeri ini diiringi juga dengan peningkatan kualitas layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Kuningan,” katanya.
 
Kepala sekolah merupakan guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2018.
 
Lebih lanjut dijelaskan, peraturan itu tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.
 
”Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengucapkan selamat  kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik dan diambil sumpah sebagai kepala sekolah,” katanya.
 
Bupati Acep berharap, akan memegang teguh dan melaksanakan sumpah yang telah diikrarkan dengan sebaik-baiknya dan dapat membawa sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah yang berkualitas.
 
“Ada empat hal yang harus diperhatikan yaitu penguatan pendidikan karakter, pembudayaan literasi, terpenuhinya standar nasional pendidikan dan memiliki keunggulan di masing-masing sekolah,” katanya. .
 
Ia pun mengingatkan, semua PNS termasuk di lingkungan pendidikan untuk menciptakan lingkungan yang lestari sesuai dengan Misi Kelima Kabupaten Kuningan, yakni PNS di  Kabupaten Kuningan telah rutin melaksanakan kegiatan Aparatur Peduli Lingkungan (APeL).
 
Program APeL berupa penanaman bibit pohon, pelepasan benih ikan dan satwa burung, tong sampah, bakti sosial serta kegiatan lainnya yang selaras dengan program kepedulian terhadap lingkungan.
 
“Saya titip kepada saudara-saudara yang telah dilantik sebagai kepala sekolah agar berpartisipasi dalam program apel, saya berharap program ini terus dipelihara dan bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang,” pungkasnya.
 
Dalam pelantikan tersebut, nampak hadir Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda, Sekda, Dian Rachmat Yanuar, Kepala BKPSDM, Nurahim serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Uca Somantri, begiru pula Kabid PAUD Dikmas, Elon Carlan.
 
deha

Diberdayakan oleh Blogger.