Puskesos Layanan Terpadu Lindungi Masyarakat Miskin



KUNINGAN (KN),-  Kadis Sosial Kabupaten Kuningan, Dudy Budiana didampingi Kabid Dayasos PFM (Pemberdayaan Sosial Penanganan Fakir Miskin, Ence Hadiat. R, mengatakan, Puskesos untuk melayani dan melindungi masyarakat miskin.

 

Berita terkait : https://www.kamangkaranews.com/2021/06/wabup-ridho-puskesos-untuk-mendekatkan.html

 

“Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) merupakan program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) tahun 2021 tahap ke I, sebagai wujud dari unit pelayanan bagi rumah tangga miskin di kabupaten / kota,” katanya di aula Dinas Sosial, Jumat (11/6/2021).              

 

RHHS sebagai unit layanan terpadu merupakan bagian dari Dinas Sosial kabupaten atau kota yang secara teknis mempunyai tugas pokok dan fungsi melayani masyarakat miskin di daerah.

 

Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi sistem perlindungan sosial guna mengurangi kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan, sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 tahun 2018 tentang Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu.

 

“Puskesos adalah tempat pelayanan bagi kepala rumah tangga sasaran, anggota rumah tangga sasaran di wilayah desa, kelurahan, kecamatan dalam pelaksanaan percepatan program penanggulangan kemiskinan di daerah Provinsi Jawa Barat,” katanya.

 

Pelaksaaan kegiatan ini didasari surat Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Nomor : 967/5.2/PR.01.04/2021 mengenai pemberitahuan lokasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) tahun 2021.

 

Kemudian, Surat Keputusan Direktur Jenderal, Nomor : 225/DJS.3/KPTS/03/2-2021, tentang penetapan lokasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) tahun 2021 tahap I.

 

Narasumber terdiri dari dari pejabat Kemensos RI, Dewi Wahyuni dan Praktisi SLRT, Hary Purnomo, Bupati atau Sekda Kuningan dan Kepala Bappeda Kuningan.

 

Pantauan kamangkaranews.com, sebelumnya 41 orang peserta bimtek dirapid antigen bekerja sama dengan Unit Pratama Orinda Kadugede, Kabupaten Kuningan dan informasi yang diperoleh, semua hasilnya negatif.

 

deha


Diberdayakan oleh Blogger.