Polemik Kebutuhan Energi di Indonesia

Oleh : Indah_Uchul KITA semua tahu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) paling banyak digunakan di Indonesia, memanfaatkan energi uap d...



Oleh : Indah_Uchul


KITA semua tahu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) paling banyak digunakan di Indonesia, memanfaatkan energi uap dari hasil kinerja pompa air yang menyatu dengan batu bara serta minyak.

 

Hasil pemanasan tersebut nantinya akan dibakar kemudian disemprotkan menjadi energi uap. Nah, energi ini nantinya akan menggerakkan turbin pada generator mesin yang akhirnya akan menghasilkan energi listrik yang disimpan pada generator.

 

Dari semua jenis pembangkit listrik, PLTU adalah salah satu pembangkit yang sangat tidak ramah lingkungan. Mengapa? karena energi uap yang dihasilkan oleh pembangkit ini cukup berbahaya apabila dihirup oleh makhluk hidup di sekitarnya, gambaran ini bisa kita lihat dalam Film Sexy Killers karya Dandy Laksono.

 

Dan yang namanya energy fosil itu tidak sustainable artinya lama-kelamaan jika terus dipergunakan maka akan habis atau dengan kata lain tidak berkelanjutan. Maka dari itu harus ada solusi alternatif dari situasi tersebut demi keberlangsungan lingkungan.

 

Sekali lagi, perlu alternatif energi baru yang sustainable sebagai pengganti PLTU. Namun lagi-lagi Energi Baru Terbarukan (EBT) belum menyelesaikan masalah secara signifikan dan kebanyakan masalahnya adalah salah paham di masyarakat terkait pemanfaatan EBT ini.

 

Edukasi dan Sosialisasi Perlu Dibangun.

 

Yang berkembang saat ini adalah pemanfaatan Geothermal atau panas bumi untuk pembangkit listrik.


Sederhananya, untuk menjadi listrik, jika kita pergunakan panas bumi ini, dia tidak akan melewati proses pembakaran yang asapnya dan bahan bakarnya bisa merusak lingkungan seperti batubara. Jelas ini lebih minim kerusakan lingkungan.

 

Daripada energy yang selama ini kita pakai yaitu menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya. Coba lihat dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan tambang batu bara.

 

Hutan menjadi gundul, daerah sekitar jadi rawan banjir atau mungkin sudah banjir dan ketika kegiatan tambang itu terus menerus dilakukan bukan hanya masyarakat sekitar tambang saja yang dirugikan, efek Global Warming tidak pandang bulu. Bumi yang rusak. Jadi PLTU lah yang menjadi penyebab rusaknya alam.

 

Sudah saatnya kita membuka pemikiran, berfikir lebih bijaksana. Ini bukan cuma tentang Kuningan. Jauh daripada itu, saat kita beralih pada EBT dalam hal ini pemanfaatan Geothermal, kita sudah menyelamatkan bumi kita dari kerusakan yang lebih parah.

 

Kita menyelamatkan kehidupan banyak orang. Tidak ada lagi kecamatan yang terendam seperti Jati Gede, hutan gundul dan orang utan mati di Kalimantan dan Jakarta yang makin hari makin panas.

 

Jadi, masyarakat harus tenang dan cermat terkait rencana pembangunan Geothermal ini. Yang paling penting adalah pelajari secara terperinci dan komparasi antara PLTU- PLTN-EBT.

 

Jangan sampai ditunggangi para pihak yang berkepentingan yaitu persaingan investor, kepentingan politik atau kepentingan pribadi lainnya.

 

Mari kedepankan kepentingan bersama dalam hal kesejahteraan dan kepentingan masyarakat luas dalam hal ini.

 

Pembangunan semuanya tidak bisa dipungkiri menimbulkan dampak namun yang penting bagaimana kita dapat meminimàlisir dampak sosial dari persaingan dan cara berpikir yang tidak sehat.

 

Sekali lagi mari secara bersama kawal prosesnya dan kawal juga nanti pengelolaannya demi terwujudnya energi bersih dan berkeadilan.

 

*) Penulis : Pegiat Lingkungan Kuningan, Forum Energi Bersih dan Berkeadilan. 

Nama

BERITA,1379,FEATURE,241,HEADLINE,1671,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,6,
ltr
item
kamangkaranews: Polemik Kebutuhan Energi di Indonesia
Polemik Kebutuhan Energi di Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-bhsu1XUB8HM/YMxcS_htWWI/AAAAAAAAIa0/yilxVunwPmcVG95nmTNyyH8qjLfPFWZiACLcBGAsYHQ/s320/Uchul%2BPolemik%2BKebutuhan%2BEnergi%2Bdi%2BIndonesia.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bhsu1XUB8HM/YMxcS_htWWI/AAAAAAAAIa0/yilxVunwPmcVG95nmTNyyH8qjLfPFWZiACLcBGAsYHQ/s72-c/Uchul%2BPolemik%2BKebutuhan%2BEnergi%2Bdi%2BIndonesia.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2021/06/polemik-kebutuhan-energi-di-indonesia.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2021/06/polemik-kebutuhan-energi-di-indonesia.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content