PKH Kuningan Jaring Calon Mahasiswa Kuliah Gratis



KUNINGAN (KN),- Kabar gembira bagi KPM PKH (Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan) karena bantuan pemerintah tidak hanya sebatas biaya sekolah anak hingga tingkat SLTA namun kini ada KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah.

 

Hal itu dikatakan Koordinator PKH Kabupaten Kuningan, Endi Suhendi, di sela-sela Sosialisasi Bimbingan dan Motivasi Kuliah Gratis kepada 75 orang peserta yang merupakan anak-anak dari KPM  PKH di Aula Balai Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi, Rabu (9/6/2021).

 

“Kegiatan hari ini diikuti anak-anak KPM PKH dari seluruh desa se-Kecamatan Lebakwangi,” katanya. 

 

Dengan adanya KIP Kuliah, maka anak-anak KPM PKH bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara gratis, termasuk biaya pendaftaran, karena biaya kuliah selama 4 tahun ditanggung pemerintah.

 

“Setiap mahasiswa atau mahasiswi dari KPM PKH akan mendapatkan uang saku Rp800.000 per bulan diberikan maksimal setiap satu semester atau 6 bulan langsung masuk ke rekening masing-masing,” sebutnya.

 

Program ini sudah berjalan sejak tahun kemarin, bekerja sama dengan STMIK CIC (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Cirebon. 

 

“Tahun kemarin ada 50 orang anak-anak PKM PKH yang kuliah gratis di STMIK ICMI Cirebon, mereka berasal dari wilayah Kuningan Utara yang berdekatan dengan Cirebon,” katanya.


Sedangkan tahun sekarang, PKH Kabupaten Kuningan menjaring calon mahasiswa KPM PKH untuk kuliah di UNU (Universitas Nahdlatul Ulama) Cirebon dan Unisa Universitas Islam Al-Ihya) Cigugur, Kabupaten Kuningan.


"Mengingat jarak tempuh ke Cirebon cukup jauh, maka untuk tahun sekarang PKH Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan Unisa dalam upaya menjaring para calon mahasiswa dari KPM PKH,” katanya.

 

Kebetulan, imbuh Endi, Unisa memberikan kuota 400 calon mahasiswa KPM PKH dan hingga saat ini berkas yang sudah masuk tercatat 225 calon mahasiswa, sedangkan di UNU Cirebon sudah mendaftar 24 orang.

 

Dijelaskan, program kuliah gratis melalui KIP Kuliah merupakan agenda PKH Kabupaten Kuningan yang sebelumnya digulirkan Koordinator PKH Jabar I di wilayah Ciayumajakuning.

 

PKH Kabupaten Kuningan sudah melaksanakan Sosialisasi Bimbingan dan Motivasi Kuliah Gratis di 20 kecamatan atau 63 persen dari 32 kecamatan yang ada, maka yang belum ada 12 kecamatan.

 

“Untuk informasi dan penjelasan mengenai program Kuliah Gratis KPM PKH dapat menghubungi ke nomor telepon (WA) 0813 2438 1155,” katanya.

 

Sementara itu, salah seorang peserta, Hani Sitimahdiani (18), usai mengikuti Sosialisasi Bimbingan dan Motivasi Kuliah Gratis di Balai Desa Pasayangan, mengatakan, kegiatan ini sangat bagus.

 

“Tapi tergantung dari kita sebagai lulusan sekolah menengah atas, mau atau tidak memanfaatkan peluang yang diberikan pemerintah,” kata Hani lulusan SMK Cendekia Utama Mancagar tahun 2021.

 

Menurut anak pertama dari tiga bersaudara yang bapaknya bekerja sebagai petani dan ibunya adalah ibu rumah tangga tersebut, program kuliah gratis bagi anak-anak dari KPM PKH di Kabupaten Kuningan, pasti sangat membantu.

 

“Alhamdulillah ini kesempatan sangat mulia,” kata gadis yang berdomisili di Desa Lebakwangi, Kampung Dukuhrudin, Kecamatan Lebakwangi.

 

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, para pendamping PKH maupun PKH Kabupaten Kuningan yang telah banyak membantu dan memberikan motivasi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Pantauan kamangkaranews.com, usai sosialisasi di Balai Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi, kegiatan itu dilanjutkan di GSG Kelurahan Awirarangan, Kecamatan Kuningan.   

 

Dari 75 orang peserta sosialisasi di Balai Desa Pasayangan, 20 orang menyatakan langsung ingin kuliah, sedangkan di GSG Kelurahan Awirarangan ada 18 orang dari seluruh peserta yang hadir.  

 

deha


Diberdayakan oleh Blogger.