PKH Kuningan Jaring Calon Mahasiswa Kuliah Gratis

KUNINGAN (KN),- Kabar gembira bagi KPM PKH (Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan) karena bantuan pemerintah tidak hanya sebata...



KUNINGAN (KN),- Kabar gembira bagi KPM PKH (Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan) karena bantuan pemerintah tidak hanya sebatas biaya sekolah anak hingga tingkat SLTA namun kini ada KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah.

 

Hal itu dikatakan Koordinator PKH Kabupaten Kuningan, Endi Suhendi, di sela-sela Sosialisasi Bimbingan dan Motivasi Kuliah Gratis kepada 75 orang peserta yang merupakan anak-anak dari KPM  PKH di Aula Balai Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi, Rabu (9/6/2021).

 

“Kegiatan hari ini diikuti anak-anak KPM PKH dari seluruh desa se-Kecamatan Lebakwangi,” katanya. 

 

Dengan adanya KIP Kuliah, maka anak-anak KPM PKH bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara gratis, termasuk biaya pendaftaran, karena biaya kuliah selama 4 tahun ditanggung pemerintah.

 

“Setiap mahasiswa atau mahasiswi dari KPM PKH akan mendapatkan uang saku Rp800.000 per bulan diberikan maksimal setiap satu semester atau 6 bulan langsung masuk ke rekening masing-masing,” sebutnya.

 

Program ini sudah berjalan sejak tahun kemarin, bekerja sama dengan STMIK CIC (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Cirebon. 

 

“Tahun kemarin ada 50 orang anak-anak PKM PKH yang kuliah gratis di STMIK ICMI Cirebon, mereka berasal dari wilayah Kuningan Utara yang berdekatan dengan Cirebon,” katanya.


Sedangkan tahun sekarang, PKH Kabupaten Kuningan menjaring calon mahasiswa KPM PKH untuk kuliah di UNU (Universitas Nahdlatul Ulama) Cirebon dan Unisa Universitas Islam Al-Ihya) Cigugur, Kabupaten Kuningan.


"Mengingat jarak tempuh ke Cirebon cukup jauh, maka untuk tahun sekarang PKH Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan Unisa dalam upaya menjaring para calon mahasiswa dari KPM PKH,” katanya.

 

Kebetulan, imbuh Endi, Unisa memberikan kuota 400 calon mahasiswa KPM PKH dan hingga saat ini berkas yang sudah masuk tercatat 225 calon mahasiswa, sedangkan di UNU Cirebon sudah mendaftar 24 orang.

 

Dijelaskan, program kuliah gratis melalui KIP Kuliah merupakan agenda PKH Kabupaten Kuningan yang sebelumnya digulirkan Koordinator PKH Jabar I di wilayah Ciayumajakuning.

 

PKH Kabupaten Kuningan sudah melaksanakan Sosialisasi Bimbingan dan Motivasi Kuliah Gratis di 20 kecamatan atau 63 persen dari 32 kecamatan yang ada, maka yang belum ada 12 kecamatan.

 

“Untuk informasi dan penjelasan mengenai program Kuliah Gratis KPM PKH dapat menghubungi ke nomor telepon (WA) 0813 2438 1155,” katanya.

 

Sementara itu, salah seorang peserta, Hani Sitimahdiani (18), usai mengikuti Sosialisasi Bimbingan dan Motivasi Kuliah Gratis di Balai Desa Pasayangan, mengatakan, kegiatan ini sangat bagus.

 

“Tapi tergantung dari kita sebagai lulusan sekolah menengah atas, mau atau tidak memanfaatkan peluang yang diberikan pemerintah,” kata Hani lulusan SMK Cendekia Utama Mancagar tahun 2021.

 

Menurut anak pertama dari tiga bersaudara yang bapaknya bekerja sebagai petani dan ibunya adalah ibu rumah tangga tersebut, program kuliah gratis bagi anak-anak dari KPM PKH di Kabupaten Kuningan, pasti sangat membantu.

 

“Alhamdulillah ini kesempatan sangat mulia,” kata gadis yang berdomisili di Desa Lebakwangi, Kampung Dukuhrudin, Kecamatan Lebakwangi.

 

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, para pendamping PKH maupun PKH Kabupaten Kuningan yang telah banyak membantu dan memberikan motivasi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Pantauan kamangkaranews.com, usai sosialisasi di Balai Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi, kegiatan itu dilanjutkan di GSG Kelurahan Awirarangan, Kecamatan Kuningan.   

 

Dari 75 orang peserta sosialisasi di Balai Desa Pasayangan, 20 orang menyatakan langsung ingin kuliah, sedangkan di GSG Kelurahan Awirarangan ada 18 orang dari seluruh peserta yang hadir.  

 

deha


Nama

BERITA,1384,FEATURE,243,HEADLINE,1678,MISTERI,10,OPINI,23,PROFILE,15,RAGAM,6,
ltr
item
kamangkaranews: PKH Kuningan Jaring Calon Mahasiswa Kuliah Gratis
PKH Kuningan Jaring Calon Mahasiswa Kuliah Gratis
https://1.bp.blogspot.com/-6i2xtaXHc5w/YMC7uitOkvI/AAAAAAAAIXg/5wGiWogqwI8hzdAg-p09dDvuK-kkdsqEgCLcBGAsYHQ/s320/KPM%2BPKH%2BKuliah%2BGratis.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6i2xtaXHc5w/YMC7uitOkvI/AAAAAAAAIXg/5wGiWogqwI8hzdAg-p09dDvuK-kkdsqEgCLcBGAsYHQ/s72-c/KPM%2BPKH%2BKuliah%2BGratis.jpg
kamangkaranews
https://www.kamangkaranews.com/2021/06/pkh-kuningan-jaring-calon-mahasiswa.html
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/
https://www.kamangkaranews.com/2021/06/pkh-kuningan-jaring-calon-mahasiswa.html
true
2411474526934600298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content