Harganas 2021 Cegah Anak Stunting



KUNINGAN (KN),- “Keluarga keren dapat mencegah anak stunting dan tumbuh dengan baik,” kata Bupati Kuningan, Acep Purnama, usai mengikuti vidcon Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 di ruang Linggarjati Setda Kuningan, Selasa (29/6/2021).


(Stunting adalah kondisi anak lebih pendek dibandingkan anak lain seusianya dan terganggu pertumbuhannya karena kekurangan gizi sejak 1000 hari pertama kehidupan dalam kandungan hingga usia dua tahun atau disebut Golden Age/Periode Emas, red).

 

Vidcon Harganas 2021 bertema “Keluarga Keren, Cegah Stunting” didampingi Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Trisman Supriatna.

 

"Tema Harganas tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kondisi stunting di Indonesia," kata Bupati.

 

Menurutnya, dalam tubuh yang sehat akan ada fisik yang kuat serta menghasilkan pemikiran atau psikis yang kuat pula.

 

Di masa pandemi Covid-19 keadaan kurang gizi ini kian rentan menimpa para balita karena penurunan pendapatan orang tuanya. 


Suatu bangsa dan negara atau masyarakat luas tidak akan memiliki populasi yang produktif jika para keluarganya tidak berkualitas.

 

“Generasi penerus bangsa akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di setiap daerah di Indonesia. Karena itulah, mereka harus tumbuh dalam keadaan sehat, cerdas, kreatif, dan produktif,” katanya.

 

Selain aspek jasmani, anak-anak juga harus dibekali dengan pendidikan yang berkualitas sebagai modal pembangunan bangsa, sebagaimana dikutip dari buku Panduan Hari Keluarga Nasional 2021.

 

“Mudah-mudahan Harganas ke-28 dapat mempersiapkan dalam mewujudkan regenerasi untuk maju kedepan dan masyarakat Kabupaten Kuningan diharapkan akan menjadi keluarga yang keren,” harapnya.

 

deha  

Diberdayakan oleh Blogger.