Pemerintah Akan Vaksinasi Anak 12-17 Tahun



JAKARTA (KN),- Pemerintah sangat serius melindungi anak-anak dari Covid-19 dengan melaksanakan program vaksinasi pada usia 12-17 tahun. Namun peran orang tua agar anak tidak terpapar juga cukup vital.


"Kami sedang mematangkan teknis pelaksanaannya dan akan kita lakukan dalam waktu dekat," kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, melalui whatsapp, Rabu (30/6/2021) sore.


Kasus Covid-19 yang menyerang anak-anak di Indonesia tidak terlepas dari peran orang tua dalam mengedukasi anaknya berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.


Ia menyebutkan, berdasarkan laporan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per 23 Juni 2021, jumlah kasus pada anak mencapai angka 12,6 persen atau lebih dari 250 ribu dari total kasus 2.033.421 kasus.


“Orang tua jangan lengah ketika anaknya akan pergi keluar rumah meskipun di lingkungan tempat tinggalnya agar selalu memakai masker,” kata Siti yang menjabat Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI.


Terlebih lagi jika mengajak anaknya keluar rumah seperti ke pusat perbelanjaan, restoran maupun ke rumah saudara atau kerabatnya.


“Anak-anak sebaiknya tetap di rumah, orang tua harus disiplin protokol kesehatan dan menjalankan pencegahan infeksi setelah aktivitas di luar rumah,” kata Alumnus FKUI lulus tahun 1996 itu.


Hal senada disampaikan pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko Wahyono, ia menuturkan, orang tua harus benar-benar mengingatkan anak agar selalu menerapkan protokol kesehatan.


"Gunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun," katanya.


Ia pun menyarankan agar anak-anak tetap di dalam rumah. Jika anak bermain di luar rumah, harus selalu dalam pengawasan orang tua.


Menurut Tri Yunis, penyebab meningkatnya kasus pada anak juga diakibatkan varian baru.


"Varian sebelumnya jarang bergejala. Pada varian baru ini banyak yang kena gejala. Lalu, anaknya sendiri kurang imunitasnya," kata Tri Yunis.


Kontributor Jakarta : Andika

 


Diberdayakan oleh Blogger.