Baznas Kuningan Bantu Takmir Masjid Hingga Guru Ngaji Rp463,2 Juta



KUNINGAN  (KN),- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuningan melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) laporan zakat dan pendistribusian stimulan untuk takmir masjid, guru MD, TKA/TPA, RA serta guru ngaji.

 

Lokasi kegiatan dibagi 13 titik dari 32 kecamatan, mulai 7 sampai 14 Juni 2021 yang berakhir di Kecamatan Kuningan.

 

Ketua Baznas Kuningan, HR. Yayan Sofyan, menyebutkan, penerima manfaat pendistribusian stimulan berjumlah 1544 orang, terdiri dari 376 takmir masjid, 376 guru MD, 376 guru TPA/TKA, 40 guru RA dan 376 guru ngaji.  

 

“Adapun total pendistribusian sebesar Rp463.200.000,” sebut Yayan, Sabtu (14/6/2021).

 

Dijelaskan, selain dirinya, pelaksana kegiatan yaitu KH. Aang Asy’ari, H. Yusron Khalid, KH. Ohan Jaoharuzzaman dan H. Uci Sanusi semuanya merupakan pimpinan Baznas Kabupaten Kuningan dan Amil

 

“Sedangkan peserta yang hadir para pengurus UPZ dari 376 desa dan 32 UPZ kecamatan,” jelasnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan monitoring dan evaluasi laporan zakat dari tiap UPZ ini, merupakan salah satu bentuk pengukuran sejauh mana tingkat kepatuhan dalam pengelolaan zakat yang dilaksanakan di daerah-daerah.

 

Sebagai bagian dari merasakan kemanfaatan atas penghimpunan zakat dari daerah yaitu salah satunya melalui pendistribusian stimulan untuk takmir masjid, guru MD, TPA/TKA, RA dan guru ngaji.

 

“Para takmir masjid, guru MD, TPA/TKA, RA dan guru ngaji adalah ujung tombak  pelaksana keagamaan yang dapat menopang Visi Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa 2023,” katanya.

 

Sebagai agenda rutin tahunan, imbuhnya, Baznas Kuningan kembali mendistribusikan dana stimulan untuk para pegiat keagamaan di Kabupaten Kuningan.

 

Agenda penyaluran bantuan itu diserahkan melalui Unit Pengumpul Zakat tiap desa bersamaan dengan acara evaluasi dan monitoring yang dilakukan Baznas Kuningan pada setiap UPZ tingkat kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

 

“Pemberian bantuan stimulan oleh Baznas merupakan wujud penghargaan bagi saudara-saudara kita yang istiqomah menjadi pegiat keagamaan, baik takmir masjid, guru ngaji Diniyah, RA dan TPA/TKA di setiap desa dan kelurahan di wilayah Kuningan.

 

Kendati Baznas belum dapat menyisir semuanya, mengingat masih belum maksimalnya penghimpunan zakat-infaq dan shadaqah yang dikelola, Insya Allah bila para aghniya atau muzaki mempercayakan melalui UPZ atau langsung ke Baznas Kuningan, maka akan ditingkatkan penyaluran bantuan itu.

 

Terpisah, Komisioner Baznas Bidang Distribusi dan Pendayagunaan, H. Yusron Kholid menuturkan, kegiatan monitoring dan evaluasi pelaporan dari tiap Unit Pengumpul Zakat tingkat kecamatan merupakan langkah pengukuran secara menyeluruh.

 

Apakah pelaporan dari para pengurus UPZ sudah sesuai juklak juknis yang telah disampaikan Baznas pada Bimtek yang telah dilakukan sebelumnya atau masih ada kendala.

 

“Apakah ada kendala dan penyampaian informasi lain terkait lembaga program Baznas yang perlu kami jelaskan sekaligus penguatan sosialisasi sesuai Instruksi Bupati Kuningan tentang Optimalisasi Penghimpunan Zakat, Infaq dan Shadaqah,” ucapnya.

 

deha


Diberdayakan oleh Blogger.