Wabup Ridho : Karang Taruna Harus Kreatif



KUNINGAN (KN),- Wakil Bupati Kuningan, HM. Ridho Suganda, mengatakan, Karang Taruna harus kreatif dan inovatif terutama dalam pengembangan wirausaha untuk mendukung pembangunan desa.                                             


“Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda non partisan yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat,” kata Wabup Ridho seperti yang dikutip dari laman Dinas Komunikasi Informasi Kabupaten Kuningan, Kamis (8/4/2021).


Hal itu disampaikan saat memberikan arahan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Kecamatan Ciniru dan Hantara di aula Kantor Pemerintahan Desa Cijemit, Kecamatan Ciniru.


Lebih lanjut dikatakan, meskipun Karang Taruna adalah organisasi non profit tetapi harus kreatif dengan berbagai programnya yang inovatif, terutama untuk mendorong kewirausahaan bagi masyarakat di wilayahnya untuk meningkatkan kesejahteraan.


“Sehingga kesenjangan sosial di masyarakat dapat diatasi," katanya.


Melalui Karang Taruna, ia berharap, para pemuda dapat melakukan kegiatan yang positif dengan mengembangkan potensi yang ada. Dia juga meminta, agar pengurus dapat menjalin dan menjaga komunikasi yang baik dengan pemerintah desa.


Menurutnya, Karang Taruna adalah mitra pemerintah desa yang memiliki tugas membantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya.


Keberadaan Karang Taruna bukan menjadi pesaing dari pemerintah desa tapi tugas Karang Taruna untuk membantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya.


Karang taruna juga harus memiliki tujuan yang sama dengan pemerintah desa yaitu mengatasi berbagai permasalahan di desa, misalnya sosial, ekonomi, lingkungan, peningkatan sumber daya manusia serta pembangunan dan lainnya.


“Karang Taruna memiliki peran dan tugas yang strategis dan erat kaitannya dengan pemerintah desa," pungkasnya.


Kegiatan itu dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Ciniru, Kades Cijemit, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciniru dan Hantara serta para pengurus Karang Taruna Desa dari dua kecamatan setempat. 


deha

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kuningan. 

Diberdayakan oleh Blogger.