SLB Kalimanggis Diserahkan ke Pemkab Kuningan Menjadi Sekolah Negeri



KUNINGAN (KN),- Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kalimanggis dalam waktu dekat ini akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk menjadi sekolah negeri.

 

“Saya berharap dengan diserahkan ke pemerintah, sekolah akan lebih memadai," kata Kepala Yayasan Taruna Mandiri, Elon Carlan, pada saat HUT ke-26 Yayasan Taruna Mandiri di Gedung PKBM Kesetaraan Program A, B, C Taruna Mandiri, Desa Sadamantra, Kecamatan Jalaksana, Jumat (9/4/2021).

 

Disebutkan, pada 2010 Yayasan Taruna Mandiri konsisten untuk menjadi support sistem SLB yang saat ini sudah ada tiga yaitu di Cigugur, Darma dan Kalimanggis.

 

Bukan hanya itu, pihaknya telah merintis Rumah Tahfidz di Sampora bagi para penyandang disabilitas yang setiap minggu ada kegiatan mengaji bersama.

 

"Kami juga melakukan pemberdayaan melalui kegiatan usaha pemilihan barang bekas koordinasi dengan para pemulung. Pada prinsipnya Yayasan Tunas Mandiri mengedepankan pendidikan dan sosial. Karena melalui pendidikan kita bisa memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas," katanya.

 

Bahkan di Kabupaten Kuningan akan dibangun Sekolah Menengah Keberbakatan atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Olahraga.




Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengucapkan selamat dan terima kasih atas pengabdian Yayasan Taruna Mandiri yang telah berkontribusi selama 26 tahun.

 

"Semoga dengan bertambahnya usia Yayasan Taruna Mandiri bisa menambah inovasi dan tetap konsisten dalam menyusun kebijakan," ucap Bupati Acep.


Menurutnya, dengan merangkul pemerintah, Yayasan Taruna Mandiri telah banyak menghasilkan murid-murid yang berkualitas, membangkitkan semangat dan memotivasi serta diharapkan menjadi insan yang bermanfaat di masyarakat.

 

"Terkait dengan pembangunan sekolah kejuruan olahraga, melalui kesungguhan, minat dan bakat secara khusus untuk menjadi atlet, semoga niat baik ini dapat terlaksana," harapnya.

 

Hadir Kabid PKLK Provinsi Jawa Barat, Deden Saeful Hidayat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat, Ester Miori Dewayani, purna bakti Direktur PKLK Kemendikbud, Sanusi dan Direktur Pasca Sarjana IAIN Cirebon, Dedy Djubaedi.

 

Kemudian, Ketua TP. PKK kabupaten Kuningan, Ika Acep Purnama serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Uca Somantri. 


Kegiatan itu sekaligus peninjauan pameran unit kegiatan PKBM Kabupaten Kuningan hasil karya siswa SLB se-Kabupaten Kuningan dan UMKM se-Jalaksana.

 

Termasuk  penandatanganan nota kesepakatan pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Olahraga antara Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Kuningan.

 

deha

Sumber : Diskominfo Kabupaten Kuningan. 

Diberdayakan oleh Blogger.