Dalmas Polres Kuningan Gelar Latihan Tingkatkan Kemampuan Pengendalian Massa



KUNINGAN (KN),- Untuk meningkatkan kemampuan anggota, Dalmas Sat Sabhara Polres Kuningan, menggelar pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas) dipimpin langsung Kasat Sabhara, AKP Muntaha, di halaman Mapolres Kuningan, Kamis (25/03/21).

 

Kapolres Kuningan, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, melalui Kasat Sabhara, AKP Muntaha, mengatakan, kegiatan ini dalam upaya memberikan pembekalan kemampuan kepada anggota.

 

“Sehingga nantinya memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah hukum Polres Kuningan,” katanya.  

 

Dijelaskan, maksud diberikannya latihan ini untuk mengingatkan kembali ilmu yang telah didapat selama pendidikan, sehingga semua anggota Sabhara yang bertugas di lapangan akan selalu siap dan mampu menghadapi berbagai tantangan dalam bentuk ikatan kesatuan.

 

Pelatihan tersebut, imbuh AKP Muntaha, bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan.

 

Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi berbagai gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Kuningan.

 

“Pelatihan pengendalian massa diikuti sebanyak 1 SST dimulai dari latihan Dalmas awal, yaitu pelatihan tanpa menggunakan peralatan sampai dengan menggunakan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,” katanya.

 

Pengendalian massa tersebut terdapat beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan, seperti tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operating Procedur (SOP) di lapangan.

 

deha

Sumber : Humas Polres Kuningan 

Diberdayakan oleh Blogger.