Selama 15 Hari Polri Gelar Operasi Lilin Lodaya 2020



KUNINGAN,- Kepolisian Republik Indonesia menggelar Operasi Lilin 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.


Hal itu disampaikan Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, ketika membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis, saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020 di halaman Mapolres, Senin (21/12/2020).


“Operasi Lilin Lodaya 2020 mengedepankan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan professional,” katanya.


Dalam amanat tersebut terdapat tujuh pointer, pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.


Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.


Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021.


Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.


Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.


Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.


Ketujuh, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.


Dikatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.


"Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya," kata Kapolres.


Disebutkan, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya.   


Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas serta 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan sebagainya.


Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020 dipimpin Bupati Kuningan, Kapolres dan Dandim 0615.


Sedangkan pejabat apel yaitu Kabag Ops Polres Kuningan dan komandan apel KBO Sat Lantas Polres Kuningan.


Adapun peserta apel terdiri dari pasukan perwira 1 SST, gabungan PM dan Provos Polres 1 SST, Kodim 0615 Kuningan 1 SST, Sat Samapta 1 SST, Sat Lantas 1 SST, Sat Reskrim 1 SST, Sat Intelkam 1 SST, Pol PP 1 SST, Dishub 1 SST, BPBD 1 SST, Dinkes 1 SST dan Damkar Kabupaten Kuningan 1 SST.

 

Nampak hadir Asda I Setda, Sekretaris DPRD, Kasi Intel Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Dansub Denpom Kuningan, Kabid Pol PP, Kabid Lalin Dishub, Kabid Kesmas, Kalak BPBD, Ketua Senkom dan Ketua Organda Kuningan.


Selain itu pula, PJU Polres, para Camat, Danramil, pengurus Gereja dan pengelola Obyek Wisata maupun Hotel.


deha


Diberdayakan oleh Blogger.