Kampung KB Gema Bhakti Desa Pasir Agung Hantara Dinilai Tim Provinsi Jabar



KUNINGAN,- Kampung Keluarga Berencana (KB) Gema Bhakti di Dusun Porang, Desa Pasir Agung, Kecamatan Hantara, dinilai Tim Juri Rechecking Kampung KB dalam rangka Apresiasi Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahap II, Selasa (1/12/2020).   

 

“Hingga saat sesuai hasil pemutakhiran data bulan Oktober 2020 pembangunan atau program Kampung KB yang sudah terbentuk jumlahnya 120 tersebar di 32 kecamatan,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH.

 

Dikatakan, desa-desa yang sudah memiliki Kampung Keluarga Berencana (KB) dalam kegiatannya didukung anggaran dari Alokasi Dana Desa (ADD).

 

“Pemkab Kuningan telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Kuningan Nomor. 476/SE.03-DPPKB/2017 Tentang Dukungan SKPD dan Pemerintah Desa Dalam Kampung KB,” katanya.

 

Juga ada SK Bupati Nomor 470/KPTS-89.DPPKB/2019 tentang Pembentukan Pokja Advokasi Lintas Sektor Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga di Kabupaten Kuningan Periode 2019-2023.

 

Menurut Acep, Kampung KB akan berhasil jika dilakukan secara bersama, bahu-membahu antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat dan mendapat dukungan, sinergitas serta keterpaduan dari setiap SKPD.

 

“Saya berharap kepada tim juri rechecking atau apresiasi tahap II Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat, agar Kampung KB Gema Bhakti Desa Pasir Agung menjadi percontohan Kampung KB Klasifikasi Berkembang di Wilayah Jawa Barat dalam arti siap menjadi juaranya,” harapnya.  

 

Sementara itu, informasi dari ketua tim juri, rechecking bertujuan untuk melihat secara langsung aktivitas di Kampung KB serta menggali informasi tambahan dari pengurus Kampung KB untuk melihat kesesuaian antara informasi yang tertuang dalam profil, hasil wawancara dan pelaksanaan lapangan.

 

Penilaian dibagi tiga kelompok yaitu kelompok 1 terdiri dari OPD KB, camat, lurah, PKB/TPD, lintas sektor dan tokoh masyarakat yang nantinya akan diwawancara langsung oleh ketua tim juri.

 

Kelompok 2, wawancara kepada ketua dan pengurus Kampung KB, sedangkan kelompok 3 ketua atau pengurus BKB, BKL, BKR, UPPKS, PIK-R dan RDKIK, kemudian terakhir akan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan untuk melihat inovasi dan aktivitas yang ada di Kampung KB.

 

deha 

Diberdayakan oleh Blogger.