Anggaran Sosialisasi Sampah Sangat Minim



KUNINGAN,- Pengelolaan sampah bukan hanya mengangkut dari Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) kemudian selesai.


Baca juga : http://www.kamangkaranews.com/2020/11/dlh-ajak-dpmd-bersinergitas-penanganan.html


“Tapi bagaimana mengedukasi masyarakat untuk merubah sikap mental dan prilaku agar membuang sampah pada tempatnya dan sampah itu bisa dimanfaatkan atau didaur ulang sesuai jenisnya,” kata Kadis Lingkungan Hidup, Wawan Setiawan, S.Hut, MT, di ruang kerjanya, Selasa (17/11/2020).


Ditanya mengenai anggaran operasional rutin yang bersumber dari APBD Kuningan, ia mengatakan, masih cukup tapi yang perlu ditambah yaitu anggaran pendukung untuk membiayai sosialisasi, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat.


“Anggaran besar di LH itu untuk operasional rutin saja, sebesar apapun luas TPA kalau kita masih polanya seperti itu tidak akan cukup tapi luas TPA terbatas namun sosialisasi, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat bisa berjalan maka akan cukup,” katanya.


Dicontohkan, selama ini anggaran sosialisasi K3 Rp100.000.000 per tahun dan bidang kemitraan Rp100.000.000 per tahun, anggaran itu mana cukup padahal garapannya banyak seperti karya materi, support stimulan tong tampah, budi daya magoot dan lain sebagainya.


“Padahal sampah itu layanan dasar yang hukumnya wajib sama dengan PU,” katanya.    


Ia menyetujui jika sosialisasi bukan hanya ditujukan kepada warga masyarakat yang sudah dewasa namun termasuk anak-anak sekolah misalnya diadakannya lomba karya tulis tentang sampah di tingkat SLTP dan SLTA bekerjasama dengan PWI Kabupaten Kuningan sebagai tim juri.


“Itu bisa saja dilakukan dalam rangkaian acara Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2021, apalagi kita sudah membentuk Forum Sekolah Berbudaya Lingkungan dan mudah-mudahan dapat terjalin kerja sama yang baik dengan organisasi wartawan seperti PWI Kuningan,” katanya.


Menurutnya lomba karya tulis siswa tentang sampah ada hubungannya dengan program unggulan kemitraan dan ia pun akan membicarakan hal itu dengan bidangnya.            


deha

Diberdayakan oleh Blogger.